SILVIA RAHMAH, - (2021) ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF SISWA PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Download (3MB) | Preview |
|
Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Kemampuan pemahaman konsep matematis termasuk salah satu kemampuan yang sangat penting bagi siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan pemahaman konsep matematis yang di miliki siswa ditinjau dari gaya kognitif Field Dependent (FD) dan Field Independent (FI) pada materi relasi dan fungsi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan desain studi kasus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Tambang, Kampar. Data dikumpulkan melalui teknik tes dan wawancara dengan menggunakan instrumen soal tes GEFT, serta instrumen soal tes kemampuan pemahaman konsep matematis, dan pedoman wawancara. Data yang telah dikumpulkan kemudian dianalisis melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 10 siswa, terdapat 3 siswa memiliki gaya kognitif FI dan 7 siswa memiliki gaya kognitif FD. Siswa yang memiliki gaya kognitif FI mampu menyelesaikan soal kemampuan pemahaman konsep matematis. Sedangkan, siswa yang memiliki gaya kognitif FD kurang mampu menyelesaikan soal kemampuan pemahaman konsep matematis. Kata Kunci: Analisis, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Gaya ………………Kognitif, Relasi dan Fungsi.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 24 Dec 2021 02:15 |
Last Modified: | 24 Dec 2021 02:15 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/57107 |
Actions (login required)
View Item |