H. RUSLI, - (2021) IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN SEJARAH UNTUK MENINGKATKAN NASIONALISME SISWA PADA SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) DI KABUPATEN BENGKALIS. Disertasi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
Text
DISERTASI H RUSLI.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK H. Rusli (2021): Implementasi Metode Pembelajaran Sejarah untuk Meningkatkan Nasionalisme Siswa Pada Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kabupaten Bengkalis Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fakta dan fenomena bahwa, merosotnya rasa nasionalisme dikalangan siswa Sekolah Menengah Atas (SMA). Kabupaten Bengkalis sebagai wilayah yang berbatasan dengan negara-negara tetangga menjadi rawan terhadap hilangnya rasa nasionalisme tersebut. Asumsi awal menyebutkan hilangnya rasa nasionalisme dikalangan siswa disebabkan pembelajaran sejarah tidak diterima dengan baik dan kurang menarik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif naturalistik dengan mengkombinasikan studi pustaka dan lapangan, dengan tehnik pengumpulan data melalui penelusuran dan observasi dan wawancara dengan tehnik analisis data induktif. Penelitian ini menyimpulkan bahwa, 1) rasa nasionalisme dikalangan siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kabupaten Bengkalis masih sangat rendah hal itu disebabkan pembelajaran sejarah hanya diringi dengan mata pelajaran wawasan kebangsaan masih belum sesuai dengan potensi letak geografis dan historis Kabupaten Bengkalis dan pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) yang sangat rentan dan mudah pudar jika tidak ditangani dengan sungguh-sungguh. 2) implementasi pembelajaran sejarah oleh guru di Sekolah Menengah Astas (SMA) di Kabupaten Bengkalis hanya melalui pendidikan wawasan kebangsaan, sehingga upaya imlementasi pembelajaran sejarah masih belum efektif. 3) Faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi metode pembelajaran sejarah oleh guru SMA di Kabupaten Bengkalis diantaranya, Faktor Relevansi Model pada Pembelajaran Sejarah, Faktor Relevansi Metode Pada Pembelajaran Sejarah, Faktor Problematika dan Stagnansi Metode Pembelajaran Sejarah. 4). Menurut guru sejarah dan Kepala Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kabupaten Bengkalis menyebutkan bahwa, metode pembelajaran yang ideal agar dapat meningkatkan rasa Nasionalisme pada siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kabupaten Bengkalis, Pembelajaran sejarah mesti dibuat menjadi menarik dan menyenangkan dikalangan siswa. Memerlukan terobosan metode pembelajaran. Selain metode-metode yang ada, metode study wisata atau study tour yang dikolaborasi dengan metode diskusi aktif merupakan metode yang ideal untuk pembelajaran sejarah dengan mengintegrasikan kebesaran dan kekuasaan Allah swt di Sekolah Menengah Atas di Kabupaten Bengkalis. Kata Kunci; Metode, Pembelajaran, Sejarah, Nasionalisme
Item Type: | Thesis (Disertasi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan 000 Karya Umum |
Divisions: | Program Pascasarjana > S3 > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | pps - |
Date Deposited: | 20 Dec 2021 07:44 |
Last Modified: | 20 Dec 2021 07:44 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/56987 |
Actions (login required)
View Item |