ASROPIL MUTTAQIN (2013) PELAKSANAAN METODE SOROGAN DALAM PEMBELAJARAN KITAB KUNING DI PONDOK PESANTREN SABILUL MUTTAQIN SUNGAI DUNGUN DESA SANGLAR KECAMATAN RETEH KABUPATEN INDRAGIRI HILIR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
2013_20131100PAI.pdf Download (423kB) | Preview |
Abstract
Pondok Pesantren Sabilul Muttaqin Sungai Dungun Desa Sanglar Kecamatan Reteh Kabupaten Indragiri Hilir merupakan salah satu lembaga pendidikan yang mempertahankan metode tradisional (sorogan) dalam pengajaran kitab kuning (sebuah sistem belajar dimana para santri maju satu persatu untuk memabaca dan menguraikan isi kitab di hadapan seorang ustadz atau kiyai) Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan metode sorogan dalam pembelajaran kitab kuning di pondok pesantren Sabilul Muttaqin dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Dalam penelitian ini yang mejadi subjek penelitian adalah tiga ustadz yang mengajar kitab kuning dengan menggunakan metode sorogan. Sedangkan yang menjadi objek penelitian adalah pelaksanaan metode sorogan dalam pembelajaran kitab kuning di pondok pesantren Sabilul Muttaqin. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan wawancara, sementara teknik pengelolaan data menggunakan cara deskriptif kualitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian yang penulis lakukan mengenai Pelaksanaan Metode Sorogan dalam Pembelajaran Kitab Kuning di Pondok Pesantren Sabilul Muttaqin dapat ditarik suatu kesimpulan sebagai berikut: 1. Pelaksanaan Metode Sorogan dalam Pembelajaran Kitab Kuning di Pondok Pesantren Sabilul Muttaqin Sungai Dungun Desa Sanglar Kecamatan Reteh Kabupaten Indragiri Hilir adalah efektif. Hal ini terlihat dari jumlah yang diperoleh yakni 76,67%. Sesuai dengan ukuran perentase yang penulis tetapkan bahwa kategori antara 66%-79% terggolong baik. 2. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi Pelaksanaan Metode Sorogan dalam Pembelajaran Kitab Kuning di Pondok Pesantren Sabilul Muttaqin yang paling dominan adalah: a. Keinginan yang kuat dari pengasuh, para ustadz dan ustadzah dalam melestarikan pengkajian kitab kuning yang merupakan gudang keilmuan agama Islam. b. Semua ustadz yang mengajarkan kitab kuning dengan menggunakan metode sorogan menguasai kitab kuning baik dari segi ilmu nahwu, sharaf dan balaghahnya
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Surya Elhadi |
Date Deposited: | 07 Sep 2016 09:54 |
Last Modified: | 07 Sep 2016 09:54 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5687 |
Actions (login required)
View Item |