Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

INOVASI JEMPUT BOLA ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN OLEH DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN INDRAGIRI HILIR

WILDA ASTARI, - (2021) INOVASI JEMPUT BOLA ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN OLEH DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN INDRAGIRI HILIR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (557kB)
[img]
Preview
Text
GABUNG KECUALI BAB V wilda.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK INOVASI JEMPUT BOLA ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN OLEH DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN INDRAGIRI HILIR Oleh : WILDA ASTARI Penelitian ini dilakukan pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Indragiri Hilir. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan inovasi pelayanan publik Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Indragiri Hilir yaitu program jemput bola untuk mengetahui faktor pendukung dalam melakukan pelayanan jemput bola. Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif yaitu dengan mendeskripsikan hasil penelitian dan menganalisa sehingga diperoleh hasil kemudian menyimpulkannya. Informan dalam penelitian ini adalah pegawai dinas dan masyarakat yang peneliti ambil berdasarkan teknik purposive sampling dan menjadikannya key informan, terdiri dari dua orang pegawai dinas dan empat orang masyarakat yang melakukan pelayanan E-KTP. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi untuk melihat hasil penelitian dan pembahasan. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelayanan jemput bola dapat dikatakan sesuai dengan kriteria inovasi yang ditetapkan oleh PERMENPAN-RB terdiri dari lima kriteria inovasi yaitu: Memiliki kebaruan, Efektif, Bermanfaat, Transfer/replikasi, dan Berkelanjutan. Sehingga diperoleh hasil bahwa pelayanan jemput bola yang dilakukan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Indragiri Hilir yaitu inovasi pelayanan jemput bola memiliki kebaruan inovasi yang dilakukan efektif, inovasi yang dilakukan bermanfaat baik bagi masyarakat maupun bagi organisasi dan inovasi yang dilakukan berkelanjutan terus menerus. Dengan faktor pendukung yaitu sumber daya manusia/petugas pelayanan jemput bola, sarana prasarana, dan partisipasi masyarakat. Kata kunci: Pelayanan, Jemput Bola, E-KTP, Disdukcapil, Inovasi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Administrasi Negara
Depositing User: fekon -
Date Deposited: 20 Dec 2021 02:54
Last Modified: 20 Dec 2021 02:54
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/56837

Actions (login required)

View Item View Item