Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGGUNAAN METODE IMLA’ DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADIS DI PONDOK PESANTREN JABAL NUR KANDIS

FAJAR SEFTEIN YOGALE, - (2021) PENGGUNAAN METODE IMLA’ DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADIS DI PONDOK PESANTREN JABAL NUR KANDIS. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
FILE HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (739kB)

Abstract

FAJAR SEFTEIN YOGALE (2021) : PENGGUNAAN METODE IMLA’ DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADIS DI PONDOK PESANTREN JABAL NUR KANDIS Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan metode Imla’ dalam pembelajaran Al-quran Hadits di Pondok Pesantren Jabal Nur Kandis. Subjek penelitian adalah guru mata pelajaran Al-quran Hadits di Pondok Pesantren Jabal Nur Kandis. Sedangkan objek penelitian ini penggunaan metode Imla’ dalam pembelajaran Al-qur‟an Hadits di Pondok Pesantren Jabal Nur Kandis. Populasi penelitian ini adalah guru mata pelajaran Al-quran Hadits di Pondok Pesantren Jabal Nur Kandis berjumlah 3 orang. Teknik pengambilan sampel pada menggunkan sampel jenuh. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil analisis data diperoleh bahwa penggunaan metode Imla’ dalam pembelajaran Al-qur‟an Hadits di Pondok Pesantren Jabal Nur Kandis dikategorikan sudah terlaksana dengan Sangat Baik. Hal ini diketahui dari rekapitulasi hasil observasi penggunaan tersebut sebesar 87,33 %. Hasil ini berada pada rentan nilai 81-100 % yang berarti Sangat Baik. Adapun Faktor pendukung yang mempengaruhi efektivitas penggunaan metode imla‟ dalam pembelajaran al-qur‟an hadits di Pondok Pesantren Jabal Nur Kandis ini meliputi guru yang benar-benar mengerti akan metode Imla’ itu sendiri dan memperhatikan kesiapan para siswa sebelum memulai kegiatan belajar mengajar. Faktor penghambatnya meliputi masih terdapat siswa yang kurang konsentrasi dalam mendengarkan materi yang dibacakan oleh guru mata pelajaran. Kata Kunci : Efektivitas, Metode Imla’, Pembelajaran Al-Quran Hadits

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 09 Dec 2021 03:21
Last Modified: 09 Dec 2021 03:21
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/56792

Actions (login required)

View Item View Item