SAINA TAHETASAE (2013) PEMANFAATAN WAKTU BELAJAR OLEH SISWA INSTITUT ATTARKIAH ISLAMIAH NARATHIWAT THAILAND SELATAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
2013_20131016PAI.pdf Download (416kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Berdasarkan hasil pengamatan yang penulis lakukan di Ma’had Attarkiah Islamiah Narathiwat Thailand Selatan ditemui gejala-gejala yang menunjukkan rendahnya pemanfaatan waktu belajar di luar sekolah : Sebagian siswa tidak memiliki catatan pelajaran sekolah secara lengkap, Sebagian siswa tidak membaca catatan yang telah diberikan guru, Sebagian siswa tidak membaca catatan yang telah ditulis di luar jam pelajaran sekolah, Sebagian siswa tidak bertanya ketika menemui kesulitan belajar sekolah, Sebagian siswa tidak memiliki jadwal belajar bila ada waktu senggang/ jam kosong. Berdasarkan gejala-gejala diatas, maka penulis merumuskan masalah dari penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana pemanfaatan waktu belajar siswa di luar Sekolah Attarkiah Islamiah Narathiwat Thailand Selatan?(2) Apa faktor-faktor yang mempengaruhi siswa dalam memanfaatkan waktu belajar di luar Sekolah Attarkiah Islamiah Narathiwat Thailand Selatan. Tujuan utama penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui pemanfaatan waktu belajar siswa di luar Sekolah Attarkiah Islamiah Narathiwat Thailand Selatan dan Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pemanfaatan waktu belajar siswa di luar Sekolah Attarkiah Islamiah Narathiwat Thailand Selatan. Bentuk penelitian yaitu deskriptif kulitatif dan di fokuskan hanya pada satu variabel. Subyek penelitian ini adalah siswa di Ma’had Attarkiah Islamiah Narathiwat Thailand Selatan pada tahun ajaran 2012-2013. Data penelitian ini di kumpulkan selama 3 bulan.Tehnik pengumpulan data yang di gunakan untuk dalam penelitian ini adalah angket dan wawancara.Angket digunakan untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan waktu belajar siswa di luar Sekolah Attarkiah Islamiah Narathiwat Thailand Selatan. Sedangkan wawancara digunakan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pemanfaatan waktu belajar siswa di luar Sekolah Attarkiah Islamiah Narathiwat Thailand Selatan. Setelah menganalisa data, penulis menyimpulkan bahwa pemanfaatan waktu belajar siswa di luar Sekolah Attarkiah Islamiah Narathiwat Thailand Selatan Cukup baik, yakni sebesar 68, 89 % . Sedangkan faktor-faktor yang mempengaruhi pemanfaatan waktu belajar siswa di luar Sekolah Attarkiah Islamiah Narathiwat Thailand Selatan antaralain pengawasan orang tua, fasilitas belajar dan lingkungan. Berdasarkan kesimpulan tersebut maka penulis memberi masukan kepada siswa Sekolah Attarkiah Islamiah Narathiwat Thailand Selatan.agar dapat memanfaakan waktu belajar di luar sekolah secara baik dan maksimal.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Surya Elhadi |
Date Deposited: | 07 Sep 2016 09:53 |
Last Modified: | 07 Sep 2016 09:53 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5663 |
Actions (login required)
View Item |