MUHAMMAD HABIBULLAH (2013) PERBANDINGAN TENTANG CARA BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ANTARA TAMATAN SMP DENGAN TAMATAN MTS DI KELAS II SMAN I KECAMATAN XIII KOTO KAMPAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
2013_2013965PAI.pdf Download (560kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya gejala-gejala yang menunjukkan bahwa adanya perbedaan hasil belajar antara siswa tamatan SMP dengan tamatan MTs di kelas II SMAN I Kecamatan XIII Koto Kampar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Hal ini terlihat ketika penulis melakukan studi pendahuluan di SMAN I Kecamatan XIII Koto Kampar, dari studi pendahuluan itu diperoleh hipotesa bahwa ada perbedaan cara belajar siswa tamatan SMP dengan siswa tamatan MTs di SMAN I Kecamatan XIII Koto Kampar . Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah ada perbedaan cara belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam antara tamatan SMP dengan tamatan MTs kelas II SMAN I Kecamatan XIII Koto Kampar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam? Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan cara belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam antara tamatan SMP dengan tamatan MTs di kelas II SMAN I Kecamatan XIII Koto Kampar. Penelitian ini merupakan penelitian komparatif dengan membandingkan cara belajar siswa antara tamatan SMP dengan MTs pada Mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SMAN I Kecamatan XIII Koto Kampar tamatan SMP dan tamatan MTS yang beragama Islam dengan objek penelitian adalah perbandingan cara belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam antara siswa tamatan SMP dengan siswa tamatan MTS. Teknik analisis data menggunakan uji t. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan cara belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN I Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar antara siswa tamatan SMP dengan tamatan MTs. Hasil ini berdasarkan dari perhitungan uji t yang diperoleh t hitung sebesar 2,13 lebih besar dari t table sebesar 2.00 atau 2,13> 2.00. sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil ini juga menunjukkan bahwa siswa tamatan SMP memiliki cara belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam lebih baik dari cara belajar siswa dari tamatan MTs.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Surya Elhadi |
Date Deposited: | 07 Sep 2016 09:52 |
Last Modified: | 07 Sep 2016 09:52 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5646 |
Actions (login required)
View Item |