ROSNAH (2013) MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA “MATERI KISAH NABI” DENGAN METODE BILLBOARD RANKING UNTUK SISWA KELAS IV SDN. 006 TANJUNGBATU KECAMATAN KUNDUR KARIMUN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
2013_2013596PAI.pdf Download (374kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan Keaktifan BelajarSiswaDalam Mata Pelajaran Agama Islam PadaMateriKisahNabiDenganMetodeBilloardRangkinguntukSiswaKelas IV SekolahDasarNegeri 006 TanjungBatuKecamatanKundur untuk meningkatkan keaktifan siswa maka diterapkanMetodeBilloardRangking. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan tujuan meningkatkan kekurangan yang terdapat di dalam proses pembelajaran di kelas. Salah satunya adalah dalam meningkatkan keaktifan belajar pada materi kisah Nabi dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini dilakukan di kelas IV SD Negeri 006 Tanjung Batu Kecamatan Kundur Karimun, karena penulis melihat keaktifan belajar siswa terutama pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam tergolong rendah yaitu 59%. Ini berdasarkan hasil observasi sebelum dilaksanakan tindakan. Hasil penelitian setelah dilakukan tindakan yakni dengan menerapkan Metode Billboard Rangking, keaktifan belajar siswa pada materi Kisah Nabi terjadi peningkatan. Peningkatan tersebut bisa dilihat dari hasil observasi Siklus pertama dengan rata-rata 66%, sedangkan hasil observasi kedua dengan rata-rata 74%. Berdasarkan analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan Metode Billboard Rangking dapat meningkatkan keaktifan Belajar pada Materi Kisah Nabi dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam SD Negeri 006 Tanjung Batu Kecamatan Kundur Karimun.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Surya Elhadi |
Date Deposited: | 07 Sep 2016 09:50 |
Last Modified: | 07 Sep 2016 09:50 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5594 |
Actions (login required)
View Item |