ZARLIS (2013) PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI STRATEGI BELAJAR BERPASANGAN SAMPAI BEREMPAT DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 017 TANJUNG ALAI KECAMATAN XIII KOTO KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
2013_2013576PAI.pdf Download (344kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 017 Tanjung Alai Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar. Gejela atau fenomena yang ditemukan adalah: 1) dalam proses pembelajaran sebagian besar siswa kurang aktif, hal ini terlihat dari aktivitas siswa yang tidak memperhatikan guru yang sedang menyampaikan materi pelajaran, 2) dalam proses pembelajaran siswa jarang mengajukan pertanyaan ataupun memberikan tanggapan, dan 3) hanya sebagian siswa yang menanggapi ketika ada teman yang memberikan contoh di depan kelas. Salah satu usaha guru untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan penerapan strategi belajar berpasangan sampai berempat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 017 Tanjung Alai Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar dapat ditingkatkan melalui strategi belajar berpasangan sampai berempat. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 017 Tanjung Alai Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar dapat ditingkatkan melalui strategi belajar berpasangan sampai berempat. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV tahun pelajaran 2011-2012 dengan jumlah siswa sebanyak 24 orang yang terbagi atas 14 orang lakilaki dan 10 orang perempuan. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan strategi belajar berpasangan sampai berempat untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilalui beberapa tahap, yaitu: 1) perencanaan tindakan, 2) pelaksanaan tindakan, 3) observasi, dan 4) refleksi. Jenis data penelitian ini terdiri dari aktivitas guru, dan keaktifan belajar siswa. Sedangkan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik observasi, dan teknik dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan keaktifan belajar siswa dari siklus I, dan siklus II. Pada siklus I ini keaktifan belajar siswa berada pada klasifikasi “Rendah”, dengan skor 69 berada pada rentang 42 – 83. Keaktifan belajar siswa tergolong rendah, dan persentase keaktifan belajar siswa pada siklus I masih mencapai 57,50% atau belum mencapai indikator keberhasilan sebesar 75%. Sedangkan siklus II keaktifan belajar siswa berada pada klasifikasi “Tinggi”, dengan skor 95 berada pada rentang 84 – 125. Kemudian keaktifan belajar siswa pada siklus II ini telah mencapai 79,17% atau telah mencapai indikator keberhasilan sebesar 75%. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan dengan penerapan strategi belajar berpasangan sampai berempat, dapat meningkatkan keaktifan siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 017 Tanjung Alai Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Surya Elhadi |
Date Deposited: | 07 Sep 2016 09:49 |
Last Modified: | 07 Sep 2016 09:49 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5585 |
Actions (login required)
View Item |