YUNIDAR MUIS, - (2021) PERAN MUHAMMADIYAH DALAM MENGEMBANGKAN PENDIDIKAN ISLAM PADA ASPEK GURU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf Download (4MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Yunidar Muis, (2021) : Peran Muhammadiyah dalam Mengembangkan Pendidikan Islam pada Aspek Guru Konsep-konsep K.H. Ahmad Dahlan melalui Muhammadiyah menciptakan pendidikan yang sangat revolusioner. Tujuan pendidikan Islam tersebut membutuhkan guru-guru yang memiliki kompetensi ya baik untuk dapat dicapai. Hal ini mendorong Muhammdiyah untuk berperan aktif dalam mengembangkan pendidikan pada aspek guru. Penelitian iniertujuan untuk mengetahui bagai mana peran Muhammadiyah dalam mengembangkan pendidikan pada aspek guru beserta factor-faktor yang mempengaruhinya. Penelitian ini menggunakn metode pustaka untuk mendapatkan data yang dapat menjawab pertanyaan penelitian secara komprehensif. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa upaya muhammadiyah dalam mengembangkan pendidikan islam aspek guru sebagai berikut : 1) Mengembangkan Kompetensi Pedagogik dengan mengadakan seleksi calon guru yang ketat, mengikutsertakan guru dalam perancangan pembelajaran, mengadakan pelatihan atau penataran, workshop, seminar, dan bimtek peningkatan kompetensi guru di Sekolah Muhammadiyah. 2) Mengembangkan Kompetensi Kepribadian dengan membuat Buku Pedoman Hidup Islami Warga Muhammadiyah (PHIWM), mengadakan program pembinaan kepribadian yang berorientasi ketaatan pada norma agama, pembinaan Baitul Arqam. 3) Meningkatkan Kompetensi Sosial dengan aktif dalam perkumpula guru (PGRI, MGMP dan FGM) dan aktif dalam organisati otonomi Muhammadyah (Pemuda Muhammdiyah, KORPS Mubaligh, Naisyatul Aisyiyah, dll). 4) Meningkatkan Kompetensi Profesional dengan mengadakan pelatihan yang relevan dan pengawasan dengan sanksi yang jelas terhadap guru yang tidak profesional. 5) Faktor yang mempengaruhi peran muhammadiyah dalam mengembangkan pendidikan pada aspek guru yaitu : Minimnya pendanaan, Minimnya kompetensi pimpinan muhammadiyah ditingkat bawah, Minimnya kesadaran guru dan Sarana dan prasarana yang terbatas. Kata Kunci : Kompetensi Guru, Muhammadiyah, Pendidikan
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 24 Sep 2021 02:26 |
Last Modified: | 24 Sep 2021 02:26 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/55511 |
Actions (login required)
View Item |