ZULFAHMI (2013) PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA MATERI PERILAKU TERPUJI MELALUI STRATEGI ACTIVE KNOWLEDGE SHARING PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 006 GUNUNG MALELO KECAMATAN KOTO KAMPAR HULU KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2013_2013323PAI.pdf Download (434kB) | Preview |
Abstract
Rendahnya aktivitas belajar siswa kelas V pada pelajaran Pendidikan Agama Islam terlihat dari gejala yang ditemukan dilapangan, yaitu saat proses belajar mengajar, hanya 7 (50%) yang ikut berpartisipasi aktif, hal ini terlihat dari kurangnya siswa mengajukan pertanyaan atau pendapat pada gurunya, jika guru menerangkan materi pelajaran siswa hanya mendengarkan tanpa berinisiatif untuk bertanya, dan ketika diberi kesempatan untuk bertanya, siswa tidak mau bertanya. Dari permasalahan tersebut, maka dapat dirumuskan permasalahan dalam penelitian yaitu apakah melalui penerapan Strategi Active Knowledge Sharing dapat meningkatkan Aktivitas Belajar Pendidikan Agama Islam pada materi perilaku terpuji Siswa Kelas V SDN 006 Gunung Malelo Kecamatan Koto Kampar Hulu Kabupaten Kampar. Sebagai subjek dalam penelitian in adalah siswa kelas V SDN 006 Gunung Malelo Kecamatan Koto Kampar Hulu Kabupaten Kampar yang berjumlah 14 orang siswa. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan Strategi Active Knowledge Sharing untuk meningkatkan Aktivitas Belajar Pendidikan Agama Islam. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik observasi, dan dokumentasi. Pada sebelum tindakan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam hanya mencapai rata-rata persentase 50,89%, setelah dilakukan tindakan perbaikan ternyata aktivitas belajar siswa meningkat yaitu pada siklus pertama dengan mencapai 66,96% atau aktivitas belajar siswa tergolong “Cukup Tinggi” karena 66,96% berada pada rentang 56%-75%. Sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 79,46% atau aktivitas belajar siswa telah tergolong “Tinggi” karena 79,46% berada pada rentang 76%-100%. Artinya keberhasilan siswa telah mencapai indikator keberhasilan yang telah ditetapkan, yaitu diatas 75%. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa dengan penerapan Strategi Active Knowledge Sharing dapat meningkatkan Aktivitas Belajar Pendidikan Agama Islam pada materi perilaku terpuji Siswa Kelas V SDN 006 Gunung Malelo Kecamatan Koto Kampar Hulu Kabupaten Kampar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Surya Elhadi |
Date Deposited: | 07 Sep 2016 09:44 |
Last Modified: | 08 Sep 2016 04:08 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5524 |
Actions (login required)
View Item |