YANTI SUMARNI (2012) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN LEARNING STARTS WITH A QUESTIONS ( LSQ ) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V MATA PELAJARAN PAI MATERI BERIMAN KEPADA PARA RASUL DI SEKOLAH DASAR NEGERI 003 BELAKANG PADANG KOTA BATAM. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
2013_2013223PAI.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam materi mengenal Rasul-Rasul Allah swt kelas V SD Negeri 003 Belakang Padang Kota Batam Provinsi Kepulauan Riau. Setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan strategi Learning Start With A Question. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan tujuan meningkatkan kekurangan yang terdapat didalam proses pembelajaran di kelas, salah satunya adalah meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI. Penelitian ini dilakukan di kelas V SD Negeri 003 Belakang Padang Kota Batam Provinsi Kepri. Karena penulis melihat hasil belajar siswa terutama pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam tergolong rendah yaitu 46 % ini berdasarkan hasil observasi sebelum dilaksanakan tindakan. Hasil penelitian setelah dilakukan tindakan yaitu dengan menerapkan strategi Learning start with a Question, hasil belajar siswa dalam mengenal rasul-rasul allah swt pada siswa terjadi peningkatan. Peningkatan tersebut bisa dilihat dari hasil test evaluasi siklus pertama dengan rata-rata 67 %, sedangkan pada siklus kedua 83 % . Berdasarkan analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi Learning Start With A Question dapat meningkatkan hasil belajar pada materi mengenal Rasul-Rasul Allah swt pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas V SD Negeri 003 Belakang Padang Kota Batam Provinsi Kepulauan Riau.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Surya Elhadi |
Date Deposited: | 07 Sep 2016 09:41 |
Last Modified: | 07 Sep 2016 09:41 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5514 |
Actions (login required)
View Item |