NURJANAH (2012) HUBUNGAN PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DENGAN HASIL BELAJAR SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 4 TAPUNG KECAMATAN TAPUNG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
2013_2013208PAI.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Perpustakaan adalah tempat siswa mencari informasi dengan membaca buku yang relevan, tempat belajar dan membaca sehingga siswa dapat belajar dengan mandiri, dan sebagai tempat diskusi yang aman, jauh dari keramaian dan kebisingan. Perpustakaan sekolah dapat menunjang kelancaran proses belajar mengajar sehingga tujuan yang ditetapkan dapat tercapai dan hasil belajar siswa dapat meningkat dengan keberadaan perpustakaan sekolah. Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih ada sebagian siswa yang kurang mengunjungi perpustakaan sekolah untuk membaca pada jam istirahat, masih ada sebagian siswa yang jarang meminjam buku yang tersedia di perpustakaan, masih ada sebagian guru yang kurang memberikan motivasi kepada anak untuk memanfaatkan perpustakaan, dan masih ada sebagian hasil belajar siswa yang belum mencapai ketuntasan secara klasikal khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan pemanfaatan perpustakaan sekolah dengan hasil belajar di SMP Negeri 4 Tapung Kabupaten Kampar. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIIIa dan VIIIb SMP Negeri 4 Tapung Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar yang berjumlah 39. Untuk memperoleh data yang dibutuhkan penulis menggunakan 2 (dua) teknik pengumpulan data yaitu angket dan dokumentasi. Dalam mengolah data kuantitatif, penulis menggunakan teknik analisis Korelasi Serial. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik suatu kesimpulan adanya hubungan yang signifikan antara pemanfaatan perpustakaan sekolah dengan hasil belajar siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Tapung Kabupaten Kampar atau Ha diterima. Hal ini terbukti dari hasil rch = 0,520898 jauh lebih besar dari rtabel pada taraf signifikan 5% = 0,325 maupun pada taraf signifikan 1% = 0,418. Atau dapat ditulis persamaan 0,520898 > 0,325 (5%) > 0,418 (1%).
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Surya Elhadi |
Date Deposited: | 07 Sep 2016 09:40 |
Last Modified: | 07 Sep 2016 09:40 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5511 |
Actions (login required)
View Item |