Herlin Wulandari, - (2021) IMPLEMENTASI PENGELOLAAN SARANA PRASARANA DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MTS KHAIRUL UMMAH BATU GAJAH INDRAGIRI HULU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf Download (5MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK Herlin Wulandari : Implementasi Pengelolaan Sarana Prasarana dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MTs Khairul Khairul Ummah Batu Gajah Indrafiri Hulu Dalam meningkatkan mutu pendidikan salah satu nya yaitu Sarana Prasarana pendidikan harus memadai yang mana di MTs Khairul Ummah fasilitas sarana dan prasarana seperti ruang kelas masih kurang yang mana peserta didik semakin tahun semakin bertambah. Sarana prasarana masih ada barang yang belum diinventarisasikan sesuai kode barang dang anggota sarana prasarana jarang mengontrol secara langsung Sarana Prasarana yang ada. Maka Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui : Bagaimana Proses Perencanaan Sarana Prasarana terhadap Mutu Pendidikan, bagaiamana Pengadaan terhadap Mutu Pendidikan dan bagaimana Pengaturan Sarana Prasarana terhadap Mutu Pendidikan didalam pengaturan ini yaitu : Inventarisasi, Penyimpanaan dan Pemeliharaan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Perencanaan sarana prasarana terhadap Mutu Pendidikan, Pengadaan sarana prasarana terhadap Mutu Pendidikan dan Pengaturan sarana prasarana terhadap Mutu Pendidikan. Jenis penelitian ini yaitu Kualitatif. Subjek utama dalam penelitian ini adalah Kepala Bidang Sarana Prasarana MTs Khairul Ummah Batu Gajah Indragiri Hulu, kemudian ditambah informan lainnya yang ada kaitannya dengan permasalahan yang diajukan. Dalam pengumpulan data ini peneliti menggunakan teknik Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Dan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskritif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; 1) Perencanaan dimulai dengan analisis kebutuhan sarana dan prasarana apa saja yang akan diadakan. Analisis kebutuhan dilakukan melalui rapat di akhir tahun dan di awal tahun yang di hadiri kepala Madrasah, seluruh Waka Madrasah Serta Tenaga Pendidik dan Kependidikan dan Pegawai lainnya. 2) Pengadaan sarana prasarana merupakan otonomi madrasah dengan anggaran tersendiri yang berasal dari Dana BOS, Yayasan dan Donasi Wali Santri. Dan system pengadaan sarana prasarana masih dengan kondisional. 3) Pengaturan sarana prasarana melalui 3 proses yaitu Inventarisasi, Penghapusan dan Pemeliharaan yang dilakukan dengan baik. Kata Kunci : Pengelolaan Sarana Prasarana, Mutu Pendidikan
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 16 Aug 2021 07:56 |
Last Modified: | 16 Aug 2021 07:56 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/54827 |
Actions (login required)
View Item |