RABEEYAH BUERAHENG (2013) ANALISIS TENTANG KOMPETENSI KOGNITIF SISWA DALAM MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MADRASAH TSANAWIYAH DINIYAH PUTRI PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
2013_201336PAI.pdf Download (444kB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam memahami pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Desain penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang terdiri dari satu variabel. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII, VIII, IX siswi MTs. Diniyah Putri Pekanbaru pada tahun ajaran 2012. Populasi siswa berjumlah 163 orang dan sampel yang diambil sebanyak 24 siswa. Penelitian ini berlokasi di Pekanbaru. Selanjutnya guru di Mts. Diniyah Putri yang mengajar mata pelajaran SKI dari kelas VII-IX berjumlah satu orang saja tetapi benar-benar memiliki keahlian di bidangnya. Penelitian ini menggunakan satu variabel yaitu kompetensi kognitif siswa dalam mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Untuk mengetahui data itu, penulis menggunakan skor ujian semester II. Penelitian ini menggunakan rumus analisis statistik kualitatif secara persentase. Setelah menganalisis data, penulis menyimpulkan bahwa kompetensi kognitif siswa dalam mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs. Diniyah Putri Pekanbaru dikategorikan “sangat baik” dengan persentase tes ujian mata pelajaran SKI 58%. Sedangkan faktor yang mempengaruhi kompetensi kognitif siswa dalam mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs. Diniyah Putri Pekanbaru adalah faktor eksternal yaitu, faktor yang bersumber dari luar individu yang bersangkuatan, misalnya pendalaman ilmu-ilmu Agama Islam khusus bagi yang tinggal di asrama.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Surya Elhadi |
Date Deposited: | 07 Sep 2016 09:38 |
Last Modified: | 07 Sep 2016 09:38 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5455 |
Actions (login required)
View Item |