Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DAN PENGGUNAAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI SE-KECAMATAN SUKAJADI KOTA PEKANBARU

AHMAD FACHRUROZI, - (2020) PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DAN PENGGUNAAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI SE-KECAMATAN SUKAJADI KOTA PEKANBARU. Thesis thesis, UIN Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
selainbabivok.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
bab iv ok.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Fahrurozi, (2021): Pengaruh Kompetensi Profesional Guru dan Penggunaan Fasilitas Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri se-Kecamatan Sukajadi Kota Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi profesional guru dan penggunaan fasilitas belajar terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri se-Kecamatan Sukajadi Kota Pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa SMP Negeri se-Kecamatan Sukajadi Kota Pekanbaru yang berjumlah 2.226 orang. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik proportionate random sampling menggunakan rumus Slovin dari total polusi yakni 339 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik angket, data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis regresi berganda yaitu Y= a + b1X1 + b2 X2. Hasil Penelitian ini menunjukkan pertama, terdapat pengaruh yang signifikan kompetensi profesional guru terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri se-Kecamatan Sukajadi Kota Pekanbaru. Hal ini didasarkan hasil korelasi nilai sig (2-tailed) 0,009 < 0,05. Kedua, terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan fasilitas belajar terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran di SMP Negeri se-Kecamatan Sukajadi Kota Pekanbaru. Hal ini didasarkan pada nilai sig (2-tailed) 0,000 < 0,05. Ketiga, terdapat pengaruh yang signifikan kompetensi profesional guru dan penggunaan fasilitas belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa pada Abstrak pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri se-Kecamatan Sukajadi Kota Pekanbaru hasil analisis menunjukkan harga constanta besarnya 33,498, harga koefisien kompetensi profesional guru (X1) sebesar 0,140 dan penggunaan fasilitas belajar (X2) besarnya 0,190. Semua koefisien tersebut signifikan karena masing- masing signifikannya dibawah 0,05. Dimana kompetensi profesional guru (X1) 0,009, dan penggunaan fasilitas belajar (X2) 0,000. Kata Kunci: Kompetensi Profesional Guru, Penggunaan Fasilitas Belajar, dan Hasil Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: pps -
Date Deposited: 13 Aug 2021 08:45
Last Modified: 13 Aug 2021 08:45
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/54522

Actions (login required)

View Item View Item