ROSNIDA (2013) PENINGKATAN KETERAMPILAN GERAKAN SHOLAT SISWA KELAS II MELALUI STRATEGI MODELLING THE WAY SD NEGERI 002 KUOK KECAMATAN BANGKINANG BARAT KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
2013_201309PAI.pdf Download (437kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan dalam kegiatan belajar peningkatan kemampuan keterampilan gerakan sholat mata pelajaran Agama Islam di Kelas II SD Negeri 002 Kuok Kecamatan Bangkinang Barat. Pada saat pra penelitian dilakukan masih ditemui gejala-gejala seperti: 1) Masih ada siswa yang tidak memperhatikan materi yang disampaikan oleh guru; 2) Masih ada sebagian siswa yang tidak tahu gerakangerakan sholat sesuai dengan ketentuannya; 3) Sebagian dari siswa tidak mengulangi gerakan sholat yang telah diajarkan guru di rumah; 4) Masih banyak nilai PAI yang rendah khususnya pada materi gerakan sholat. Melihat gejala di atas perlu adanya pembaharuan serta perbaikan. Guru sebagai fasilisator dan motivator dapat melakukan perubahan dan perbaikan dalam proses pembelajaran Agama Islam. Tujuan penelitian ini adalah untuk untuk mengetahui peningkatan keterampilan siswa kelas II SDN 002 Kuok Kecamatan Bangkinang Barat Kabupaten Kampar melalui Strategi Modeling The Way Dalam Pelajaran Agama Islam Pada Pokok Bahasan Gerakan Sholat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan strategi Modeling The Way dapat meningkatkan keterampilan gerakan sholat siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas II SD Negeri 002 Kuok Kecamatan Bangkinang Barat. Dari 2 siklus yang ditempuh, pada siklus I terlihat kelemahan pelaksanaan strategi Modeling The Way, berdasarkan standar klasifikasi yang ditentukan aktivitas guru hanya memperoleh skor 26 dan berada pada posisi “cukup sempurna berada pada rank 22 -28 (cukup sempurna). Hal ini mempengaruhi pula keterampilan siswa yang hanya berada pada posisi 51 (rendah) karena skor 51 berada pada rank 29 - 57 (rendah). Melalui perbaikan Siklus II pelaksanaan strategi modeling the way meningkat dengan memperoleh skor 38 dan berada pada posisi “sangat sempurna” karena skor 38 berada pada rank 34 - 40 (sangat sempurna). Dari peningkatan pelaksanaan tersebut mempengaruhi meningkatnya keterampilan siswa yaitu skor 98 berada pada posisi “sangat tinggi”. Artinya dengan penerapan model pembelajaran Modeling The Way dapat meningkatkan keterampilan gerakan sholat siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Surya Elhadi |
Date Deposited: | 07 Sep 2016 09:37 |
Last Modified: | 07 Sep 2016 09:37 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5445 |
Actions (login required)
View Item |