Annisa Ulfa, - (2021) PENGARUH KETERAMPILAN BERTANYA GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARANEKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH NEGERI 5 TAPUNG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Text (BAB IV)
File Hasil Penelitian ( Bab IV dan atau Bab V).pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (615kB) |
||
|
Text
File lengkap sampai lampiran kecuali hasil penelitian ( Bab IV dan atau Bab V).pdf Download (835kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Annisa Ulfa (2021): Pengaruh Keterampilan Bertanya Guru terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 5 Tapung Kabupaten Kampar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh keterampilan bertanya guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 5 Tapung Kabupaten Kampar. Jenis penelitian ini adalah Ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Menengah Atas Negeri 5 Tapung, sedangkan objeknya adalah pengaruh keterampilan bertanya guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 5 Tapung Kabupaten Kampar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Menengah Atas Negeri 5 Tapung, dengan jumlah siswa sebanyak 80 orang, secara keseluruhan populasi dijadikan sampel (sampel Jenuh). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah deskriptif kuantitatif. Hasil analisis data di peroleh nilai r hitung > rtabel baik pada taraf signifikan 5% maupun 1% (0,220 <0,685> 0,286) yang berarti bahwa terdapat pengaruh keterampilan bertanya guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 5 Tapung Kabupaten Kampar. Besar persentase pengaruh keterampilan bertanya guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi adalah sebesar 46,9% sedangkan sisanya dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Kata Kunci:Pengaruh, Keterampilan Bertanya, Motivasi Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 13 Aug 2021 00:19 |
Last Modified: | 13 Aug 2021 00:19 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/54443 |
Actions (login required)
View Item |