Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI STATISTIKA SMP KELAS VIII

NOFRI ALDO, - (2021) PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI STATISTIKA SMP KELAS VIII. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB V HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul berbasis problem based learning pada materi statistika yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Subjek penelitian ini adalah para validator ahli dalam materi pembelajaran dan teknologi pendidikan yang berasal dari dosen dan guru mata pelajaran matematika, serta siswa kelas VIII SMP Negeri 01 Kampar. Objek dalam penelitian ini adalah modul berbasis problem based learning pada materi statistika SMP kelas VIII. Desain penelitian yang digunakan adalah model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Teknik pengumpulan data berupa wawancara, dokumentasi, angket dan tes. Instrumen penelitian berupa pedoman wawancara, dokumen pendukung, angket uji validitas modul oleh ahli materi pembelajaran dan ahli teknologi pendidikan, angket respon siswa dan respon guru untuk uji kepraktisan modul, dan soal post-test untuk uji efektivitas modul. Jenis data yang digunakan berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan uji validitas diperoleh bahwa modul yang dikembangkan dinyatakan sangat valid dengan persentase kevalidan 85,29%. Berdasarkan uji kepraktisan kelompok kecil dengan 8 responden, diperoleh bahwa modul yang dikembangkan dinyatakan sangat praktis dengan persentase kepraktisan 88,97%. Hal tersebut menunjukkan bahwa modul yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid dan praktis. Sedangkan uji kepraktisan kelompok terbatas serta uji efektivitas modul tidak dapat dilaksanakan karena situasi pembelajaran yang tidak efektif pada saat pandemi covid-19. Kata kunci: Pengembangan, Modul, Model Problem Based Learning, Statistika Kelas VIII

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 11 Aug 2021 12:05
Last Modified: 11 Aug 2021 12:05
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/54145

Actions (login required)

View Item View Item