Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PEGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA MATERI SEGIEMPAT KELAS VII SMP/MTs

NURFADHILA AZ-ZAHRA, - (2021) PEGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA MATERI SEGIEMPAT KELAS VII SMP/MTs. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan produk berupa Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi Segiempat yang memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII, ahli teknologi pendidikan dan ahli materi pembelajaran yang berasal dari dosen dan guru mata pelajaran matematika dengan jenjang pendidikan minimal S2. Objek penelitian ini adalah LKS berbasis CTL pada materi Segiempat. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VII MTsN 2 Indragiri Hilir. Desain penelitian yang digunakan adalah model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes, angket, dokumentasi dan wawancara. Instrumen penelitian berupa pedoman wawancara, dokumen pendukung, instrumen validitas yang terdiri dari lembar validasi instrumen penelitian, lembar validasi LKS oleh ahli teknologi pendidikan dan materi pembelajaran, instrumen kepraktisan yaitu angket respon siswa dan instrumen keefektifan yaitu soal tes. Jenis data yang digunakan berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif dan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan uji validitas oleh ahli teknologi pendidikan dan ahli materi pembelajaran LKS berbasis CTL dinyatakan sangat valid dengan persentase tingkat kevalidan 90,14%. Hasil uji kepraktisan kelompok kecil dengan jumlah responden 8 orang siswa diperoleh bahwa LKS berbasis CTL sangat praktis dengan persentase tingkat kepraktisan 87,34%. Hal tersebut menunjukkan bahwa LKS yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid dan praktis. Kemudian untuk hasil uji kepraktisan kelompok terbatas serta uji kefektivan LKS tidak dapat dilaksanakan karena situasi dan kondisi tidak mendukung dimasa pandemi covid-19. Kata Kunci : Pengembangan, Lembar Kerja Siswa (LKS), Contextual Teaching and Learning (CTL), Segiempat

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 11 Aug 2021 00:35
Last Modified: 16 Aug 2021 07:52
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/54103

Actions (login required)

View Item View Item