YADI MAULANA, - (2021) STRATEGI DISTRIBUSI DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH (Studi pada Graha Pratama Fish di Kampung Patin Desa Koto Mesjid Kabupten Kampar). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf Download (3MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Yadi Maulana, (2021): Strategi Distribusi dalam Meningkatkan Volume Penjualan Menurut Perspektif Ekonomi Syariah (Studi pada Graha Pratama Fish di Kampung Patin Desa Koto Mesjid Kabupaten Kampar) Penelitian ini dilatarbelakangi oleh meningkatnya volume penjualan pada Graha Pratama Fish, namun Graha Pratama Fish belum memiliki agen resmi di setiap daerah untuk menyalurkan distribusi. Strategi distribusi merupakan bermacam kegiatan yang dilakukan perusahaan untuk menjadikan produk lebih mudah diperoleh atau tersedia untuk pasar sasaran. Dengan tujuan agar konsumen dapat dengan mudah memperoleh barang yang konsumen butuhkan. Semakin baiknya strategi distribusi maka hal ini akan meningkatkan volume penjualan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Strategi Distribusi dalam meningkatkan volume penjualan pada Graha Pratama Fish di Kampung Patin Desa Koto Mesjid Kabupaten Kampar, dan bagaimana tinjauan ekonomi syariah terhadap strategi distribusi dalam meningkatkan volume penjualan pada pada Graha Pratama Fish di Kampung Patin Desa Koto Mesjid Kabupaten Kampar. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan sumber data primer dan skunder. Teknik pengumpulam data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi serta teknik analisis yang digunakan yaitu analisis deskristif kualitatif. Adapun populasi penelitian ini berjumlah (5) lima orang, dan semua populasi dijadikan sampel dengan menggunakan teknik total sampling. Hasil penelitian ini yaitu Strategi distribusi yang digunakan oleh Graha Pratama Fish adalah strategi distribusi ekslusif. Strategi distribusi ekslusif yaitu, mendistribusikan produk melalui satu saluran dan beberapa anggota saluran (pedagang dan outlet). Saluran distribusi yang digunakan oleh Graha Pratama Fish adalah saluran langsung dan saluran tiga tingkat. Saluran langsung yaitu, produsen berada langsung pada konsumen (Graha Pratama Fish – Konsumen), dan saluran tidak langsung (produsen-agen-pedagang besar-konsumen). Saluran tiga tingkat atau saluran tidak langsung (produsen-agen-pedagang besar-konsumen) yaitu produsen memilih agen (agen penjualan atau agen pabrik) sebagai penyalurnya. Agen penjualan menjalankan kegiatan perdagangan besar dalam saluran distribusi yang ada. Sasaran penjualannya terutama ditujukan kepada para pengecer besar. Strategi dalam meningkatkan volume penjualan di Graha Pratama fish secara umum sudah sesuai dengan ekonomi syariah dalam mendistribusikan produk Graha Prtama Fish memiliki prinsip keadilan, tanggung jawab hingga produk sampai ke tangan konsumen. Kata Kunci: Strategi Distribusi, Volume Penjualan, Ekonomi Syariah
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah |
Depositing User: | fasih - |
Date Deposited: | 11 Aug 2021 03:41 |
Last Modified: | 11 Aug 2021 03:41 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/54008 |
Actions (login required)
View Item |