NURAINI WAHYU NINGSIH, - (2021) PENGARUH PEMAHAMAN MATERI KEUTAMAAN MEMBACA AL-QURAN TERHADAP AKTIVITAS MEMBACA AL-QURAN SISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS TEKNOLOGI PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
FILE HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (832kB) |
Abstract
NURAINI WAHYU NINGSIH (2021) : PENGARUH PEMAHAMAN MATERI KEUTAMAAN MEMBACA AL-QURAN TERHADAP AKTIVITAS MEMBACA AL-QURAN SISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS TEKNOLOGI PEKANBARU Penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu pemahaman materi keutamaan membaca Al-Quran sebagai variabel X (variabel bebas/independen) dan aktivitas membaca Al-Quran siswa sebagai variabel Y (variabel terikat/dependen). Dengan rumusan masalah yaitu apakah ada pengaruh pemahaman materi keutamaan membaca Al-Quran terhadap aktivitas membaca Al-Quran siswa di Sekolah Menengah Atas Teknologi Pekanbaru. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI di Sekolah Menengah Atas Teknologi Pekanbaru. Sedangkan objek penelitian ini adalah pemahaman materi keutamaan membaca Al-Quran dan aktivitas membaca Al-Quran siswa di Sekolah Menengah Atas Teknologi Pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI di Sekolah Menengah Atas Teknologi Pekanbaru. Penarikan sampel dalam penelitian ini adalah menggunakan Total Sampling dengan menarik seluruh anggota populasi sebagai sampel yaitu sebanyak 25 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, tes, angket, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data, menggunakan korelasi Product Moment. Berdasarkan analisis data, diperoleh hasil bahwa ada pengaruh signifikan pemahaman materi keutamaan membaca Al-Quran terhadap aktivitas membaca Al-Quran siswa kelas XI di Sekolah Menengah Atas Teknologi Pekanbaru, hal ini terlihat nilai korelasi sebesar 0,633. Hal ini dibuktikan dengan uji korelasi dengan nilai r observasi sebesar 0,633 lebih besar dari rtabel pada taraf signifikan 5% = 0,396 dan pada taraf signifikan 1% = 0,505 atau (0,396<0,633>0,505). Sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Selanjutnya berdasarkan perhitungan nilai koefisien determinasi, maka kontribusi pemahaman materi keutamaan membaca Al-Quran terhadap aktivitas membaca Al-Quran siswa kelas XI di Sekolah Menengah Atas Teknologi Pekanbaru adalah sebesar 63,3%. Kata kunci: Pemahaman Materi Keutamaan Membaca Al-Quran, Aktivitas Membaca Al-Quran
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 11 Aug 2021 03:10 |
Last Modified: | 11 Aug 2021 03:10 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/54002 |
Actions (login required)
View Item |