Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA BERDASARKAN MINAT BELAJAR PADA MATERI OPERASI BILANGAN BERPANGKAT DI SMAN 1 TEMBILAHAN HULU

Nada Yolanda, - (2021) ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA BERDASARKAN MINAT BELAJAR PADA MATERI OPERASI BILANGAN BERPANGKAT DI SMAN 1 TEMBILAHAN HULU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (15MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (15MB)

Abstract

ABSTRAK Nada Yolanda, (2021): Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Berdasarkan Minat Belajar pada Materi Operasi Bilangan Berpangkat di SMA Negeri 1 Tembilahan Hulu. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa berdasarkan minat belajar pada materi operasi bilangan berpangkat. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif melalui desain studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Tembilahan Hulu yang berjumlah 18 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tringulasi data, dengan teknik tes menggunakan instrumen soal tes kemampuan pemahaman konsep matematis, teknik angket menggunakan angket minat belajar, dan teknik wawancara menggunakan pedoman wawancara yang dilakukan secara online dengan bantuan aplikasi WhatsApp dan google form. Pengolahan dan analisis data menggunakan teknik Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa; (1) secara keseluruhan, kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMA Negeri 1 Tembilahan Hulu dapat dikatakan cukup baik; (2) secara keseluruhan, minat belajar siswa di SMA Negeri 1 Tembilahan Hulu dapat dikatakan sedang; (3) Minat belajar sejalan dengan kemampuan pemahaman konsep matematis dimana siswa dengan kategori minat belajar tinggi, memiliki kemampuan pemahaman konsep yang tinggi. Siswa dengan kategori minat belajar sedang memiliki kemampuan yang cukup. Sedangkan siswa dengan kategori minat belajar rendah memiliki kemampuan yang kurang. Kata Kunci: Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Minat Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 11 Aug 2021 00:54
Last Modified: 11 Aug 2021 00:54
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/53951

Actions (login required)

View Item View Item