Yunita Arum Dinanti (2014) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF CARD SORT (SORTIR KARTU) TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATERI QUR’AN-HADITS SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 RAMBAH. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
FM.pdf Download (172kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (37kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (128kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (184kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (397kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (8kB) | Preview |
|
|
Text
EM.pdf Download (15kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini penulis lakukan di SMAN 1 Rambah yang beralamat di kecamatan Rambah kabupaten Rokan Hulu. Penulis tertarik melakukan penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Card Sor t (Sortir Kartu) Terhadap Keaktifan Belajar Pendidikan Agama Islam Materi Qur’an-Hadits Siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Rambah Kabupaten Rokan Hulu. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian Kuantitatif dengan pendekatan penelitian eksperimen. Penelitian eksperimen adalah suatu penelitian untuk melihat pengaruhnya dimana terdapat kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen diberikan treatment dibandingkan dengan kelompok yang tidak diberi treatment. Penelitian eksperimen dalam penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Rambah yang beralamat kecamatan Rambah kabupaten Rokan Hulu. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMAN 1 Rambah, teknik pengambilan sampel pada penelitian ini dengan melakukan uji homogenitas pada populasi penelitian untuk mengetahui populasi tersebut homogen, kemudian diambil dua kelas yang dianggap memiliki kemampuan Pendidikan Agama Islam yang sama dilihat dari rata-rata prestasi belajar kelas tersebut. Kemudian dari dua kelas tersebut dilakukan pre-test untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas control. Berdasarkan hasil observasi dan analisis data angket dengan menggunakan perhitungan tes “t” diperoleh nilai t0 = 2,9240 lebih besar dari nilai ttabel = 2,68 hal ini menunjukkan adanya perbedaan keaktivan belajar siswa antara kelas control dan kelas experiment. Hal ini disebabkan oleh siswa pada kelas control kurang memiliki keaktivan dan kekreatifan dengan digunakannya strategi yang biasa diterapkan oleh guru pendidikan Agama Islam seperti biasa. Sementara itu siswa pada kelas experiment lebih aktif dan kreatif dengan di terapkannya strategi pembelajaran aktif card sort . Perbedaan antara keaktifan siswa pada kelas control dan kelas experiment menunjukkan bahwa adanya pengaruh penerapan strategi pembelajaran aktif tipe card sort (sortir kartu) terhadap keaktifan belajar Pendidikan Agama Islam materi Qur’an Hadits siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Rambah.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 13 Jun 2016 03:24 |
Last Modified: | 13 Jun 2016 03:24 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5393 |
Actions (login required)
View Item |