MUHAMMAD AMIN, - (2021) MANAJEMEN KESISWAAN UNTUK PENGEMBANGAN DIRI PESERTA DIDIK DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 PEKANBARU. Disertasi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
TESIS FULL - MUHAMMAD AMIN KECUALI BAB IV.pdf Download (5MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Muhammad Amin: “Manajemen Kesiswaan untuk Pengembangan Diri Peserta Didik di Madrasah Aliyah Negeri 1 Pekanbaru” Pendidikan merupakan upaya untuk meningkatkan kualitas hidup manusia yang pada intinya bertujuan untuk mencerdaskan pikiran, mendewasakan, dan mengubah perilaku menjadi lebih baik. Pendidikan mempunyai peranan penting dalam menjamin perkembangan dan kelangsungan kehidupan manusia, karena pendidikan pada dasarnya upaya untuk menyiapkan peserta didik di masa mendatang dan mengembangkan semua potensi yang dimiliki peserta didik agar dapat berkembang secara optimal. Sehubungan dengan itu, lembaga pendidikan sangat membutuhkan suatu manajemen kesiswaan untuk mengembangkan diri peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen kesiswaan di MAN 1 Pekanbaru, pengembangan diri peserta didik di MAN 1 Pekanbaru, manajemen kesiswaan untuk pengembangan diri peserta didik di MAN 1 Pekanbaru, faktor pendukung dan penghambat manajemen kesiswaan untuk pengembangan diri peserta didik di MAN 1 Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah field research dengan pendekatan metode penelitian kualitatif dan menggunakan analisis data deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dokumentasi dan teknik keabsahan data. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Manajemen kesiswaan yang dilakukan di MAN 1 Pekanbaru sudah berjalan sesuai dengan konsep manajemen kesiswaan , 2) Pengembangan diri peserta didik yang dilakukan MAN 1 Pekanbaru sudah berjalan sesuai dengan aspek-aspek pengembangan diri, 3) Manajemen kesiswaan untuk pengembangan diri peserta didik yang dilakukan di MAN 1 Pekanbaru sudah berjalan sesuai dengan fungsi-fungsi manajemen, 4) Adapun faktor pendukung manajamen kesiswaan untuk pengembangan diri peserta didik yaitu: (a) Guru pembina yang sudah professional dan kompeten, (b) Motivasi peserta didik yang sangat kuat, (c) Fasilitas sarana dan prasarana yang memadai, (d) Kerjasama yang solid antar tim. Sedangakan faktor penghambat yaitu: (a) Anggaran kegiatan belum maksimal, (b) Kerjasama dengan instansi pemerintah masih minim, (c) Publikasi berita seputar madrasah belum terorganisir. Kata Kunci: Manajemen Kesiswaan, Pengembangan diri, Peserta Didik
Item Type: | Thesis (Disertasi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | pps - |
Date Deposited: | 10 Aug 2021 07:16 |
Last Modified: | 10 Aug 2021 08:21 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/53921 |
Actions (login required)
View Item |