Abdurrahman Nur, - (2021) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI SIFAT-SIFAT CAHAYA DI SMP NEGERI 3 BANGKINANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (826kB) |
||
|
Text
SKRIPSI ABDURRAHMAN.pdf Download (13MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Abdurrahman Nur (2021): Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Sifat-sifat Cahaya di SMP Negeri 3 Bangkinang. Penelitian ini dilatar belakangi oleh proses pembelajaran IPA di SMP Negeri 3 Bangkinang, guru masih berfokus pada penguasaan materi dan jarang menggunakan model pembelajaran yang menuntut peserta didik untuk melakukan pengamatan secara langsung melalui kegiatan penyelidikan. Hal ini menyebabkan kurang dibekalinya peserta didik dalam memecahkan suatu persoalan sehingga keterampilan berpikir kritis peserta didik kurang diasah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Discovery Learning terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik di SMP Negeri 3 Bangkinang. Metode pada penelitian ini adalah Pre-Experimental Design yang menggunakan desain One Group Pretest-Postest Design yaitu melibatkan hanya satu kelas eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP Negeri 3 Bangkinang. Pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VIII B sebagai kelas eksperimen menggunakan model Discovery Learning. Data dikumpulkan melalui soal tes dan lembar observasi. Data hasil tes dianalisis menggunakan uji one sample t test dengan bantuan SPSS versi 23 dan lembar observasi menggunakan analisis deskriptif. Hasil uji statistik dengan bantuan SPSS versi 23 menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 < signifikansi alpha 0,05. Hal ini dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak yang artinya terdapat pengaruh model Discovery Learning terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi sifat-sifat cahaya di SMP Negeri 3 Bangkinang. Kata Kunci: Discovery Learning, Keterampilan Berpikir Kritis, Sifat-sifat Cahaya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris IPA |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 10 Aug 2021 07:41 |
Last Modified: | 10 Aug 2021 07:41 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/53876 |
Actions (login required)
View Item |