Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME PADA MATERI PERTUMBUHAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 TUALANG

Winanda Lestari Putri, - (2021) ANALISIS PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME PADA MATERI PERTUMBUHAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 TUALANG. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Winanda Lestari Putri, (2021): Analisis Pembelajaran Konstruktivisme pada Materi Pertumbuhan Ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Tualang Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis penerapan pembelajaran konstruktivisme pada materi Pertumbuhan Ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Tualang. Jenis penelitian ini Deskriptif dengan pendekatan Kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru ekonomi dan siswa kelas XI IPS yang berjumlah 4 orang, sedangkan objeknya adalah penerapan pembelajaran konstruktivisme pada materi Pertumbuhan Ekonomi. Informan kunci dalam penelitian ini adalah guru ekonomi dan siswa kelas XI IPS. Informan tambahan Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Tualang sudah menerapkan pembelajaran konstruktivisme pada materi Pertumbuhan Ekonomi. Hanya saja belum maksimal. Hal ini disebabkan pembelajaran berlangsung menggunakan aplikasi sekolah berupa telegram. Sehingga pada tahapan apersepsi guru tidak dapat melaksanakannya dengan baik dimana guru seharusnya memberikan pertanyaan mengenai materi sebelumnya dan mengukur pengetahuan siswa. Pada tahap eksplorasi guru tidak dapat memberikan tugas kepada siswa secara berkelompok tetapi terpaksa secara individu. Demikian juga pada tahap diskusi dan memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengerjakan tugas keompok, selanjutnya pengaplikasian untuk menarik kesimpulan, karena siswa belajar dari rumah masing-masing. Kata Kunci: Pembelajaran Konstruktivisme, Pertumbuhan Ekonomi, Sekolah Menengah Atas

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 06 Aug 2021 16:47
Last Modified: 06 Aug 2021 16:47
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/53317

Actions (login required)

View Item View Item