INDAH LESTARI, - (2021) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJAR CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS PGRI PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf Download (3MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Indah Lestari (2021): Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap Keaktifan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Atas PGRI Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh penggunaan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas PGRI Pekanbaru. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih ada siswa yang kurang aktif dalam belajar. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa X IPS yang belajar eknomi di SMA PGRI Pekanbaru yang berjumlah 39 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS 1 dan X IPS 2 yang berjumlah 39 siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS 1 dan X IPS 2. Objek dalam penelitian ini yaitu pengaruh penggunaan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas PGRI Pekanbaru. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis uji korelasi product moment. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas PGRI Pekanbaru. Hasil ini terbukti dari perbandingan rhitung dengan rtabel diperoleh bahwa rhitung lebih besar dari rtabel baik untuk taraf kesalahan 5% (0,673 > 0,325) maupun 1% (0,673 > 0,418), maka Ho ditolak dan Ha diterima. Kontribusi pengaruh penggunaan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap keaktifan belajar berdasarkan uji R Square sebesar 45,3%, sedangkan sisanya 54,7% (100% - 45,3%) dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Kata Kunci: Pengaruh, Model Pembelajaran, Contextual Teaching and Learning (CTL), Keaktifan Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 04 Aug 2021 08:41 |
Last Modified: | 04 Aug 2021 08:41 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/53128 |
Actions (login required)
View Item |