Darlingga Prasty, - (2021) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMP PADA MATERI BILANGAN. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf Download (12MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (12MB) |
Abstract
ABSTRAK Darlingga Prasty, (2021): Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis ditinjau dari Kemandirian Belajar Siswa SMP Pada Materi Bilangan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari kemandirian belajar siswa SMP pada materi bilangan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan desain studi kasus. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 20 orang siswa kelas VII SMP Negeri 4 Bathin Solapan. Data dikumpulkan melalui teknik tes, teknik angket, dan wawancara. Adapun instrumen yang digunakan adalah soal tes kemampuan pemecahan masalah matematis pada materi bilangan, angket kemandirian belajar, dan pedoman wawancara. Pengolahan dan analisis data menggunakan teknik Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Siswa dengan kategori kemandirian belajar tinggi rata-rata melakukan kesalahan dengan persentase rata-rata sebesar 41,67 %. Secara umum kesalahan yang dilakukan siswa dengan kategori kemandirian belajar tinggi adalah kesalahan memahami dengan persentase 58,33 %. (2) Siswa dengan kategori kemandirian belajar sedang rata-rata melakukan kesalahan dengan persentase rata-rata sebesar 60,00 %. Secara umum kesalahan yang dilakukan siswa dengan kategori kemandirian belajar sedang adalah kesalahan transformasi, kesalahan keterampilan proses, dan kesalahan penulisan masing-masing sebesar 76,79 %. (3) Siswa dengan kategori kemandirian belajar rendah rata-rata melakukan kesalahan dengan persentase rata-rata sebesar 61,67 %. Secara umum kesalahan yang dilakukan siswa dengan kategori kemandirian belajar rendah adalah kesalahan memahami, kesalahan transformasi, kesalahan keterampilan proses, dan kesalahan penulisan masing-masing sebesar 66,67 %. Kata Kunci: Analisis Kesalahan Siswa, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Kemandirian Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 04 Aug 2021 07:15 |
Last Modified: | 04 Aug 2021 07:15 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/53087 |
Actions (login required)
View Item |