Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMAN 1 UKUI

ANGGI NUR ISNAINI, - (2021) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMAN 1 UKUI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Anggi Nur Isnaini (2021): Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) terhadap Kemampuan Komunikasi pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMAN 1 Ukui Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write terhadap kemampuan komunikasi pada mata pelajaran ekonomi di SMAN 1 Ukui. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurang bervariasinya penggunaan model pembelajaran yang dipakai oleh guru, kurang nya keberanian siswa dalam menyampaikan pendapat. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperiment. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik di SMAN 1 Ukui yaitu kelas eksperimen dengan jumlah peserta didik 35 orang dan kelas kontrol berjumlah 34 orang sedangkan objeknya adalah pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write terhadap kemampuan komunikasi pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah SMAN 1 Ukui. Teknik pengambilan data melalui observasi, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data yang di gunakan adalah uji t. Berdasarkan hasil penelitian di temukan rata-rata peserta didik kelas eksperimen mendapatkan nilai dengan rata-rata 75,8 sedangkan pada kelas kontrol di ketahui nilai peserta didik di peroleh rata-rata 66,6. Berdasarkan observasi kemampuan komunikasi pada aktivitas peserta didik bahwa pada pertemuan pertama jumlah presentase 56% sedangkan pada pertemuan kedua mengalami kenaikan yaitu dengan presentase 81% dan pertemuan ketiga di katakan sempurna karena presentase telah mencapai 100%. Berdasarkan analisi uji t pada hasil penelitian peserta didik pada kelas eksperimen dan kelas kontrol maka di peroleh bahwa thitung > ttabel taraf signifikasi 5% (1,668) dan 1% (1,306) atau 1,668<3,798>1,306 yang berarti Ha di terima dan Ho ditolak yang berarti ada pengaruh yang signifikan antara penggunaan model pembelajaran Think Talk Write terhadap kemampuan komunikasi pada mata pelajaran ekonomi di SMAN 1 Ukui. Kata kunci : Pengaruh, Think Talk Write, Kemampuan Komunikasi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 03 Aug 2021 10:58
Last Modified: 03 Aug 2021 10:58
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/52864

Actions (login required)

View Item View Item