Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PESAN NILAI SOSIAL PADA IKLAN RINSO DI RCTI

Tri Utami, Tri (2021) PESAN NILAI SOSIAL PADA IKLAN RINSO DI RCTI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian dengan judul “Pesan Nilai Sosial Pada Iklan Rinso di RCTI” yang bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai sosial apa saja yang ditampilkan dalam iklan Rinso di RCTI tahun 2017 dan untuk mengetahui besar frekuensi nilai-nilai sosial yang ditampilkan dalam iklan Rinso di RCTI tahun 2017. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis isi kuantitatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan analisis isi deskriptif. Analisis isi deskriptif adalah analisisisi yang dimaksudkan untuk menggambarkan secara detail suatu pesan, atau suatu teks tertentu. Pelaksanaan penelitian yang akan di lakukan peneliti yaitu 6 bulan mulai dari Februari sampai dengan Juli 2018. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh iklan Rinso yang ditampilkan di RCTI pada tahun 2017 yakni ada 8 (delapan) iklan. Jumlah sampel di dalam penelitian ini berjumlah 43 sampel, yaitu scene iklan rinso yang ada di RCTI pada tahun 2017. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan penelitian kepustakaan dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu statistic deskriptif dengan menggunakan presentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa pesan nilai sosial dalam iklan Rinso di RCTI pada tahun 2017 meliputi nilai vital, material, rohani, kebenaran, keindahan, dan moral. Isi nilai pesan yang diteliti dalam iklan tersebut berdasarkan scene dan dialog yang mengandung pesan nilai sosial yang terdapat dalam iklan Rinso di RCTI pada tahun 2017. Kategori pesan nilai sosial dalam iklan Rinso pada tahun 2017 ditemukan pesan yang paling dominan adalah sub kategori vital dengan jumlah 21 scene atau dialog dengan presentase sebesar 48,83 %, sub kategori material dengan jumlah 8 scene atau dialog dengan presentase sebesar 18,60 %, kemudian sub kategori kebenaran memiliki jumlah scene atau dialog yaitu berjumlah 6 dengan presentase sebesar 13,95 %, setelah itu sub kategori moral dengan jumlah 4 scene atau dialog dengan presentase sebesar 9,30 %, lalu sub kategori keindahan dan kerohanian masing-masing memiliki jumlah scene atau dialog yaitu berjumlah 2 dengan presentase 4,66 % sementara sub kategori religious dengan tidak memiliki jumlah scene ataupun dialog.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Nilai Sosial, Iklan, Rinso
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 10 Aug 2021 07:30
Last Modified: 10 Aug 2021 07:30
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/52631

Actions (login required)

View Item View Item