Adel Eka Vazilla, - (2021) Penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together dengan Menggunakan Media Ular Tangga untuk Meningkatkan Kerjasama Peserta Didik Pada Tema Kayanya Negeriku di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 002 Peranap Kecamatan Peranap Kabupaten Indragiri Hulu. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (930kB) |
||
|
Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Adel Eka Vazilla, (2021) : Penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together dengan Menggunakan Media Ular Tangga untuk Meningkatkan Kerjasama Peserta Didik Pada Tema Kayanya Negeriku di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 002 Peranap Kecamatan Peranap Kabupaten Indragiri Hulu Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Numbered Head Together dengan menggunakan media ular tangga untuk meningkatkan kerjasama peserta didik pada tema kayanya negeriku di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 002 Peranap Kecamatan Peranap Kabupaten Indragiri Hulu. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya kemampuan kerjasama peserta didik dikarenakan masih banyak peserta didik yang kurang berkontribusi dalam pembelajaran berkelompok. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini ada 1 orang pendidik dan 25 peserta didik kelas IV Sekolah Dasar Negeri 002 Peranap. Sedangkan objeknya adalah penerapan model pembelajaran Numbered Head Together dengan menggunakan media ular tangga untuk meningkatkan kerjasama peserta didik. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan analisis deskriptif kuantitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Numbered Head Together dengan menggunakan media ular tangga dapat meningkatkan kerjasama peserta didik . hal ini dapat diketahui sebelum tindakan hanya mencapai 31% atau masih tergolong kategori “Kurang”. Setelah dilakukan tindakan kelas pada siklus I, kemampuan kerjasama peserta didik meningkat menjadi 50,8% atau masih tergolong kategori “Kurang”. Sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan menjadi 85% atau tergolong kategori “Baik”. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan pembelajaran Numbered Head Together dengan menggunakan media ular tangga untuk meningkatkan kerjasama peserta didik pada tema kayanya negeriku di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 002 Peranap Kecamatan Peranap Kabupaten Indragiri Hulu. Kata Kunci : Penerapan, Model Pembelajaran Numbered Head Together, Media Ular Tangga, Kerjasama Peserta Didik
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 29 Jul 2021 03:45 |
Last Modified: | 29 Jul 2021 03:45 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/52627 |
Actions (login required)
View Item |