Tika Susilowati, - (2021) ANALISIS KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA SMP/MTs DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf Download (11MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Tika Susilowati, (2021): Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP/MTs ditinjau dari Gaya Belajar Siswa Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan kemampuan koneksi matematis siswa SMP/MTs berdasarkan gaya belajar siswa pada materi bentuk aljabar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif melalui desain studi kasus. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 26 siswa kelas VIII SMP Negeri 17 Pekanbaru, kemudian direduksi menjadi 12 siswa yang dipilih menggunakan purposive sampling. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah triangulasi data, dengan menggunakan teknik tes, teknik angket, dan wawancara yang dilakukan secara online dengan bantuan aplikasi WhatsApp dan google form. Adapun instrumen yang digunakan adalah soal tes kemampuan koneksi matematis pada materi bentuk aljabar berupa 6 butir soal berbentuk uraian, angket gaya belajar, dan pedoman wawancara. Pengolahan dan analisis data menggunakan teknik Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek dengan gaya belajar visual memiliki kemampuan koneksi matematis kategori “tinggi” pada indikator koneksi antar topik matematika, kategori “sedang” pada indikator koneksi matematika pada bidang studi lain, dan kategori “rendah” pada indikator koneksi matematika dalam kehidupan sehari-hari. Subjek dengan gaya belajar auditorial memiliki kemampuan koneksi matematis kategori “sedang” pada semua indikator. Subjek dengan gaya belajar read/write memiliki kemampuan koneksi matematis kategori “tinggi” pada indikator koneksi antar topik matematika, kategori “sedang” pada indikator koneksi matematika dalam kehidupan sehari-hari, dan kategori “rendah” pada indikator koneksi matematika pada bidang studi lain. Subjek dengan gaya belajar kinestetik memiliki kemampuan koneksi matematis kategori “tinggi” pada indikator koneksi antar topik matematika, dan kategori “rendah” pada indikator koneksi matematika pada bidang studi lain dan dalam kehidupan sehari-hari. Kata Kunci: Analisis Deskriptif, Kemampuan Koneksi Matematis, Gaya Belajar VARK, Bentuk Aljabar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 29 Jul 2021 03:35 |
Last Modified: | 29 Jul 2021 03:35 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/52612 |
Actions (login required)
View Item |