Cindy Rahayu Putri, - (2021) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE KANCING GEMERINCING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGEMUKAKAN PENDAPAT SISWA PADA TEMA INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU KELAS IVA MIN 2 PASAMAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (986kB) |
||
|
Text
SKRIPSI CINDY RAHAYU PUTRI.pdf Download (11MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Cindy Rahayu Putri, (2021): Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Kancing Gemerincing untuk Meningkatkan Kemampuan Mengemukakan Pendapat Siswa pada Tema Indahnya Keragaman di Negeriku Kelas IVA MIN 2 Pasaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan mengemukakan pendapat siswa pada tema Indahnya Keragaman di Negeriku melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe kancing gemerincing di kelas IVA MIN 2 Pasaman. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan mengemukakan pendapat siswa pada muatan pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru dan 21 orang siswa kelas IVA MIN 2 Pasaman. Objek penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe kancing gemerincing dan kemampuan mengemukakan pendapat siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus terdapat dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan persentase. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe kancing gemerincing dapat meningkatkan kemampuan mengemukakan pendapat siswa. Hal ini dapat dilihat sebelum dilakukan tindakan hasil kemampuan mengemukakan pendapat siswa hanya mencapai 40,38% atau berada pada kategori kurang baik. Kemudian dilakukan tindakan pada siklus I, kemampuan mengemukakan pendapat siswa meningkat menjadi 52,67% atau berada pada kategori cukup baik. Kemudian pada siklus II, kemampuan mengemukakan pendapat siswa mengalami peningkatan menjadi 75,52% atau berada pada kategori baik. Hal ini berarti sudah mencapai indikator keberhasilan yang telah ditetapkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe kancing gemerincing pada tema Indahnya Keragaman di Negeriku dapat meningkatkan kemampuan mengemukakan pendapat siswa di kelas IVA MIN 2 Pasaman. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Kancing Gemerincing, Kemampuan Mengemukakan Pendapat Siswa
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 27 Jul 2021 05:49 |
Last Modified: | 27 Jul 2021 05:49 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/52226 |
Actions (login required)
View Item |