Asri, - (2021) IMPLEMENTASI MANAJEMEN TERPADU DALAM PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SDIT AL MUJAHIDIN KECAMATAN SUNGAI BEDUK KOTA BATAM. Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (368kB) |
||
|
Text
TESIS ASRI.pdf Download (6MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Asri, (2021) : Implementasi Manajemen Terpadu dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SDIT Al Mujahidin Kecamatan Sungai Beduk Kota Batam Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SDIT Al Mujahidin. Manajemen pendidikan memiliki nilai yang sangat strategis dan urgen dalam pembentukan suatu ketertarikan peneliti terhadap SDIT Al Mujahidin untuk dijadikan obyek penelitian karena sekolah tersebut merupakan salah satu Sekolah Dasar Islam Terpadu yang telah mengolaborasikan antara kurikulum Diknas dengan kurikulum Kementerian Agama. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Dengan menggunakan teknik penelitian triangulasi data yaitu, observasi, wawancara dan dokumentasi sebagai panduan dalam memperoleh data penelitian dilapangan. Berdasarkan hasil penelitian manajemen pembejalaran guru Pendidikan Agama Islam di SDIT Al-Mujahidin sebagai berikut, pertama Guru Pendidikan Agama Islam di SDIT Al-Mujahidin dalam perencanaan pembelajaran sudah membuat silabus dan menyiapkan RPP sebelum melaksanakan kegiatan belajar mengajar guna sebagai panduan dalam proses pembelajaran. Kedua, dalam melaksanakan pembelajaran guru PAI melakukan Pre test berupa tanya jawab, kuis dan sebagainya, hal ini dibuktikan dengan RPP. Pengelolaan kelas, strategi pembelajaran, pendekatan dan media pembelajaran serta metode yang digunakan dapat digunakan memudahkan peserta didik untuk menangkap materi pelajaran. Dalam pelaksanaannya pendidik juga harus senantiasa memberikan motivasi kepada peserta didik dalam proses belajar mengajar. Ketiga Guru Pendidikan Agama Islam di SDIT al-Mujahidin mengevaluasi penilaian hasil belajar melalui tugas rumah (PR) atau tugas di kelas, ujian semester, tes tertulis ataupun lisan. Keempat Faktor yang mempengaruhi manajemen pembelajaran guru PAI adalah faktor Intern, seperti motivasi belajar, kemampuan awal siswa, konsentrasi dan fokus. Faktor ekstern seperti guru sebagai pembina siswa, sarana dan prasarana lembaga sosial dan lingkungan. Kata Kunci: Manajemen, dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | pps - |
Date Deposited: | 27 Jul 2021 08:24 |
Last Modified: | 27 Jul 2021 08:25 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/52196 |
Actions (login required)
View Item |