RIZWAN, - (2021) EVALUASI USABILITY PADA SISTEM PELAYANAN FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS RIAU MENGGUNAKAN METODE HEURISTIC EVALUATION. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
LAPORAN TUGAS AKHIR KECUALI BAB 4.pdf Download (4MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB 4.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Fakultas Teknik Universitas Riau merupakan salah satu Fakultas yang berada di Universitas Riau yang telah menggunakan sistem pelayanan (Simpel). Untuk membantu layanan seperti surat menyurat(kemahasiswaan) dan layanan akademik. Dalam penerapannya, Sistem ini memiliki permasalahan dalam aspek usability, yaitu tidak adanya tombol bantuan, tidak adanya menu untuk tracking surat, dan besarnya font pada menu login. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah mengetahui tingkat keberhasilan dari sistem menggunakan metode Heuristic Evaluation, untuk mengetahui 10 prinsip yang secara signifikan mempengaruhi keberhasilan penerapan sistem dilihat dari tingkat usability dan Membuat Rekomendasi Prototype sebagai solusi dari hasil evaluasi kepada pihak Fakultas Teknik Universitas Riau agar kedepan yang lebih baik. Metode analisis data menggunakan usability testing dengan jumlah responden sebanyak 97 orang untuk mengisi kusioner penelitian. Dari Hasil perhitungan usability disimpulkan bahwa didapatkan nilai persentase dari usability testing total ditemukan mendapatkan nilai 75,4% yang berarti menunjukkan bahwa portal baik bagi penggunanya, dan untuk total tidak ditemukan mendapatkan nilai 24,6% yang berarti menunjukkan bahwa portal kurang baik bagi penggunanya. Kata Kunci: Fakultas Teknik Universitas Riau, Heuristic Evaluation, tingkat keberhasilan portal, Usability testing
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi |
Depositing User: | fsains - |
Date Deposited: | 22 Jul 2021 04:05 |
Last Modified: | 22 Jul 2021 04:05 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/52093 |
Actions (login required)
View Item |