Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Penerapan Model Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Pada Tema Peristiwa Dalam Kehidupan Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Manar Pekanbaru

Deliza Tiara Olivia, - (2021) Penerapan Model Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Pada Tema Peristiwa Dalam Kehidupan Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Manar Pekanbaru. Skripsi thesis, UNIVRSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (885kB)
[img]
Preview
Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Deliza Tiara Olivia, (2021) : Penerapan Model Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Pada Tema Peristiwa Dalam Kehidupan Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Manar Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan berbicara siswa pada tema lingkungan sehat muatan pelajaran Bahasa Indonesia melalui penerapan model snowball throwing kelas V Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Manar Pekanbaru. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan berbicara siswa pada muatan pelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Adapun ynag menjadi subjek dalam penelitian ini yaitu 1 orang guru dan 25 orang siswa kelas V Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Manar Pekanbaru, dan objeknya adalah penerapan model snowball throwing untuk meningkatkan keteramilan berbicara siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa penerapan model snowball throwing dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Hal ini dapat dilihat pada tabel peningkatannya, dimana sebelum tindakan perbaikan dilakukan nilai rata-rata keterampilan berbicara siswa hanya mencapai 60,8 dengan kategori Kurang Baik dengan ketuntasan klasikal 24%. Kemudian setelah model snowball throwing dilakukan, pada siklus I rata-rata keterampilan berbicara naik menjadi 70,6 dengan kategori Kurang Baik dengan ketuntasan klasikal 64%. Kemudian pada siklus II keterampilan berbicara siswa juga meningkat menjadi 81,2 dengan kategori Baik dan ketuntasan klasikal 84%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan model snowball throwing dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa pada tema lingkungan sahabat kita pada muatan pelajaran Bahasa Indonesia kelas V Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Manar Pekanbaru. Kata kunci : Model Snowball Throwing, Keterampilan Berbicara

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 23 Jul 2021 07:23
Last Modified: 23 Jul 2021 07:23
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/52069

Actions (login required)

View Item View Item