AFINI NURUL HIDAYAT, - (2021) KEMAMPUAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMANFAATAN PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DI SMAN 7 PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (681kB) |
||
|
Text
SKRIPSI AFINI NURUL HIDAYAT.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Afini Nurul Hidayat, (2021) : Kemampuan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pemanfaatan Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi di SMA Negeri 7 Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan guru Pendidikan Agama Islam dalam pemanfaatan pembelajaran berbasis teknologi informasi serta faktor yang mempengaruhinya di SMA Negeri 7 Pekanbaru. Subjek penelitian ini adalah guru Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 7 Pekanbaru. Sedangkan objek penelitian ini adalah pemanfaatan pembelajaran berbasis teknologi informasi di SMA Negeri 7 Pekanbaru. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah guru yang mengampu mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang berjumlah 3 orang. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan sampel jenuh. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan Deskriptif Kuantitatif. Perhitungan data dilakukan secara manual yang diperoleh melalui angket dan wawancara. Hasilnya untuk mendapatkan data bagaimana kemampuan guru Pendidikan Agama Islam dalam pemanfaatan pembelajaran berbasis teknologi informasi. Berdasarkan analisis data diperoleh kemampuan guru Pendidikan Agama Islam dalam pemanfaatan pembelajaran berbasis teknologi informasi di SMA Negeri 7 Pekanbaru tergolong baik. Hal ini diketahui dari rekapitulasi hasil angket kemampuan tersebut sebesar 80,35 %. Hasil ini berada pada rentang 61-80 % yang berarti Baik. Faktor pendukung yang mempengaruhi kemampuan guru Pendidikan Agama Islam dalam pemanfaatan pembelajaran berbasis teknologi informasi di SMA Negeri 7 Pekanbaru meliputi sarana dan prasarana pembelajaran berbasis teknologi informasi yang ada di sekolah tempat mengajar seperti laptop, infokus, dan akses internet. Faktor pendukung lainnya yaitu seberapa sering guru mengikuti kegiatan seminar dan workshop mengenai pembelajaran berbasis teknologi informasi serta seberapa sering guru mengadakan studi banding ke sekolah lain yang dipandang lebih maju bidang teknologi informasinya. Faktor penghambat yang mempengaruhi kemampuan guru Pendidikan Agama Islam dalam pemanfataan pembelajaran berbasis teknologi informasi di SMA Negeri 7 Pekanbaru meliputi keahlian dan keterampilan yang dimiliki masing-masing guru dalam pemanfaatan pembelajaran berbasis teknologi informasi masih belum maksimal menurut pantauan kepala sekolah. Kata Kunci: Kemampuan Guru Pendidikan Agama Islam, Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 19 Jul 2021 05:02 |
Last Modified: | 19 Jul 2021 05:02 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/51577 |
Actions (login required)
View Item |