Annisa Mardhotillah, - (2021) ANALISIS KESULITAN DALAM MEMAHAMI SOAL KOMUNIKASI MATEMATIS DITINJAU DARI KEMAMPUAN METAKOGNISI SISWA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
|
Text
SKRIPSI ANNISA MARDHOTILLAH.pdf Download (8MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Annisa Mardhotillah, (2021): Analisis Kesulitan dalam Memahami Soal Komunikasi Matematis Ditinjau dari Kemampuan Metakognisi Siswa. Kemampuan Komunikasi Matematis (KKM) adalah salah satu kompetensi matematis yang harus dikuasai oleh siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan tujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis berdasarkan metakognisi siswa pada materi program linear. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 9 orang siswa kelas XI IPA Putri. Instrumen yang digunakan adalah soal tes kemampuan komunikasi matematis pada materi program linear berupa 3 butir soal berbentuk uraian, angket metakognisi dan pedoman wawancara. Seluruh data kemudian dianalisis melalui 3 tahapan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dan analisis data menyimpullkan bahwa: (1) kemampuan komunikasi matematis siswa tergolong rendah, (2) rata-rata keterampilan metakognisi siswa termasuk dalam kategori sedang, (3) jika ditinjau dari keterampilan metakognisi, maka kemampuan komunikasi matematis menunjukkan bahwa subjek dengan metakognisi tinggi mampu memenuhi semua indikator KKM, subjek dengan metakognisi sedang hanya mampu memenuhi satu indikator dimana subjek lebih banyak menguasai indikator written text dan subjek dengan metakognisi rendah hanya menguasai indikator drawing. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi dasar bagi perbaikan kemampuan komunikasi matematis siswa. Kata Kunci: Komunikasi Matematis, Metakognisi, Program Linear, Analisis
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 19 Jul 2021 05:13 |
Last Modified: | 19 Jul 2021 05:14 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/51546 |
Actions (login required)
View Item |