DAFRI YANTI, - (2021) PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI SMA NEGERI 1 PANGKALAN KOTO BARU KABUPATEN LIMA PULUH KOTA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf Download (9MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
Abstract
ABSTRAK Dafri Yanti (2021): Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Example Non Example terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Pangkalan Koto Baru Kabupaten Lima Puluh Kota Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara penggunaan metode pembelajaran Example Non Example terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI SMA Negeri 1 Pangkalan Koto Baru Kabupaten Lima Puluh Kota. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dan desain yang digunakan adalah nonequivalent control group design. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa, sedangkan objeknya adalah pengaruh penggunaan metode pembelajaran Example Non Example terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran ekonomi. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Pangkalan Koto Baru yang berjumlah 104 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah 35 siswa kelas XI IPS1 sebagai kelas eksperimen dan 34 siswa kelas XI IPS2 sebagai kelas kontrol, sehingga total sampel 69 orang. Teknik pengambilan sampel dengan metode purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah tes t. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen yang menggunakan metode pembelajaran Example Non Example lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Hal ini dibuktikan melalui uji hipotesis dengan menggunakan tes t yang menunjukkan bahwa thitung > ttabel baik taraf signifikan 5% (1,667) maupun 1% (2,382) atau 1,667 < 3,276 > 2,382 maka Ha diterima dan Ho ditolak, yang berarti penggunaan metode pembelajaran Example Non Example sangat berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Kata Kunci: Metode Pembelajaran Example Non Example, Kemampuan Berpikir Kritis
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 19 Jul 2021 02:52 |
Last Modified: | 19 Jul 2021 02:52 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/51526 |
Actions (login required)
View Item |