HALIMAH, - (2021) OPTIMALISASI PENGGUNAAN METODE BERCERITA ISLAMI UNTUK MENUMBUHKAN NILAI AKHLAK ANAK USIA DINI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
FILE HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (388kB) |
Abstract
HALIMAH (2021) : OPTIMALISASI PENGGUNAAN METODE BERCERITA ISLAMI UNTUK MENUMBUHKAN NILAI AKHLAK ANAK USIA DINI Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui optimalisasi penggunaan metode cerita Islami untuk menumbuhkan nilai akhlak pada anak usia dini. Jenis penelitian adalah penelitian Library Research, yaitu menjadikan bahan pustaka berupa buku, jurnal, dokumen-dokumen dan materi lain yang dijadikan sumber rujukan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu Reduksi data dan Display data. Hasil penelitian, dalam rangka optimalisasi metode becrcerita islami untuk menumbuhkan nilai akhlak usia dini dapat dilakukan dengan: 1) Penggunaan kisah menarik yang berhubungan dengan cerita islami. Penggunaan kisah menarik dimungkinkan memberikan pembelajaran yang unik serta menimbulkan semangat dan keasyikan dalam mendengarkan nya. 2) Penggunaan bahasa yang sesuai dengan penelaran anak usia dini, dengan menghubungkan materi cerita dengan tingkat penalaran anak. Ketika kisah syurga tentu gambaran syurga identic dengan keindahan dunia, dan ketika kisah neraka idenktik dengan kesengsaraan dan penderitaan manusia dibumi. 3) Penggunaan ekspresi wajah dan suara. Dalam bercerita, guru dan orangtua masih menggunakan mimic muka dan suara yang sesuai dengan materi. Kata kunci: Metode Bercerita, Nilai Akhlak
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 16 Jul 2021 02:20 |
Last Modified: | 16 Jul 2021 02:20 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/51516 |
Actions (login required)
View Item |