Dian Namora, - (2021) Kompetensi Pendidik (Analisis Persamaan dan Perbedaan Pemikiran Syekh Al-Zarnuji dan Mahmud Yunus. Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (766kB) |
||
|
Text
GABUNGAN TANAPA BAB IV.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Dian Namora, (2021) : Kompetensi Pendidik (Analisis Persamaan dan Perbedaan Pemikiran Syekh Al-Zarnuji dan Mahmud Yunus Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kompetensi Pendidik (Analisis Persamaan dan Perbedaan Pemikiran Syekh Al-Zarnuji dan Mahmud Yunus). Penelitian ini perlu dilakukan, mengingat Tugas pendidik yang utama adalah menyempurnakan, membersihkan, menyucikan, serta membawakan hati peserta didiknya untuk mendekatkan diri (Taqarrub) kepada Allah Swt. Hal tersebut karena tujuan pendidikan Islam yang utama adalah untuk mendekatkan diri kepada-Nya. Jika pendidik belum mampu membiasakan diri dalam peribadatan pada peserta didiknya, maka pendidik mengalami kegagalan dalam tugasnya, sekalipun peserta didiknya memiliki prestasi akademis yang luar biasa. Maka dibutuhkan seorang pendidik yang memiliki kepribadian dan spiritual religius yang baik untuk mencetak generasi pendidikan. Di samping itu, banyak pemahaman yang keliru tentang keberadaan tugas dan tanggung jawab pendidik, terutama pendidik dalam pendidikan Islam. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Dalam penelitian ini penulis melakukan penelitian pustaka (library research) yakni penelitian yang bersumber dari hasil pengumpulan data kepustakaan karena yang dijadikan objek kajian adalah karya literatur berupa kitab akhlak, yaitu Ta’lim Muta’allim oleh Syekh Al-Zarnuji dan berupa buku Pendidikan Agama Islam yaitu Metodik Khusus Pendidikan Agama oleh Mahmud Yunus. Oleh karena itu, data-data yang diperlukan ialah data-data tekstual, yaitu buku-buku tentang karakter pendidik yang ada dalam kitab dan buku tersebut. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan cara menggali informasi dari sumber-sumber kepustakaan, sumber-sumber data yang telah terkumpul, baik primer maupun skunder. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah content analisis atau disebut analisis isi. Hasil akhir dari penelitian ini adalah bahwa Kompetensi Pendidik menurut penilaian al-Zarnuji hendaknya pendidik harus memilki kriteria yang kebih a’lim (berpengetahuan), terhindar dari perkara yang haram dan pendidik harus lebih tua atau mempunyai pengalaman dalam mendidik. Sedangkan kompetensi Pendidik menurut penilaian Mahmud Yunus adalah pendidik dituntut untuk berakhlak, lemah lembut dan senantiasa bersikap baik pada muridnya karena dari guru yang baik akan terlahir murid yang baik. Kata Kunci: Kompetensi, Al-Zarnuji, Mahmud Yunus.
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | pps - |
Date Deposited: | 09 Jul 2021 04:14 |
Last Modified: | 09 Jul 2021 04:14 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/51239 |
Actions (login required)
View Item |