Winda Novelia, - (2021) Perancangan Alat Permainan Edukatif untuk Anak Usia 3 Tahun dengan Metode Quality Function Deployment (QFD). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
File lengkap kecuali Bab IV dan VI.pdf Download (2MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
Bab IV dan Bab V.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Ketersediaan media pembelajaan yang terdapat di sekolah-sekolah wajib seimbang dengan jumlah siswa yang ada agar pembelajaran berlangsung dengan efektif dan efisien. Namun, banyak sekolah di Indonesia yang masih kekurangan media pembelajaran akibat kekurangan dana, sehingga perlengkapan permainan serta fasilitas-fasilitas pendukung pembelajaran sedikit ketersediaannya di sekolah yang terdapat di Indonesia. Solusi yang dapat di dilakukan ialah membuat media pembelajaran seperti Alat Permainan Edukatif (APE) sederhana menggunakan bahan-bahan yang terdapat di area sekitar dengan harga material yang terjangkau. Tujuan penelitian ini yaitu untuk membuat APE yang sesuai dengan harapan guru PAUD untuk melakukan evaluasi terhadap hasil rancangan Alat Permainan Edukatif APE) untuk anak usia 3 tahun. Pengkajian dalam penelitian ini menggunakan metode Quality Function Deployment (QFD). Metode QFD adalah metode perancangan produk dengan menerjemahkan permintaan konsumen atau pengguna terhadap produk yang akan dirancang. Hasil penelitian yang didapatkan bahwa terdapat 12 pernyataan valid dan reliable. Untuk hasil penelitian setelah menggunakan metode QFD didapatkan APE yang dikembangkan adalah katrol warna. Pemilihan konsep yang telah dilakukan didapatkan konsep terpilih adalah konsep 2. Kata Kunci: Alat Permainan Edukatif, 3 Tahun, Quality Function Deployment (QFD)
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri |
Depositing User: | fsains - |
Date Deposited: | 12 Jul 2021 02:19 |
Last Modified: | 12 Jul 2021 02:19 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/51231 |
Actions (login required)
View Item |