Siti Rahayu,, - (2021) Penggunaan Media Tiga Dimensi Berbentuk Torso Separuh Badan Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Tema Makanan Sehat di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 130 Pekanbaru. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Download (714kB) | Preview |
|
|
Text
GABUNGAN.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Siti Rahayu, (2021): Penggunaan Media Tiga Dimensi Berbentuk Torso Separuh Badan Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Tema Makanan Sehat di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 130 Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman siswa pada materi sistem pencernaan manusia pembelajaran tematik tema 3 makanan sehat dengan menggunakan media tiga dimensi berbentuk torso separuh badan. Penelitian ini di latarbelakangi oleh rendahnya pemahaman materi sistem pencernaan manusia tema 3 makanan sehat diantaranya: (1) dari 30 orang siswa terdapat 15 orang siswa yang kurang mampu menjelaskan kembali materi yang telah disampaikan guru (2) dari 30 orang siswa terdapat 21 orang siswa yang kurang mampu mengerjakan soal latihan dengan benar (3) dari 30 orang siswa hanya terdapat 6 orang siswa yang mampu membuat rangkuman materi yang telah dijelaskan pada hari yang sama. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dan masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Subjek adalah guru dan siswa kelas V C Sekolah Dasar Negeri 130 Pekanbaru. Teknik pengumpulan data berupa observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu deskriptif kuantitatif dengan presentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media tiga dimensi berbentuk torso separuh badan dapat meningkatkan pemahaman siswa pada materi sistem pencernaan manusia pada pembelajaran tematik tema 3 makanan sehat. Hal ini dapat diketahui dari kemampuan pemahaman materi siswa sebelum tindakan dengan ketuntasan klasikal 59,5% atau berada pada kategori “cukup paham”. Setelah menggunaan media tiga dimensi berbentuk torso separu h badan pada siklus I kemampuan pemahaman materi siswa meningkat dengan ketuntasan klasikal 66.3% atau berada pada kategori “paham”. Kemudian pada siklus II kemampuan pemahaman materi siswa semakin meningkat dengan ketuntasan klasikal 75,6% atau berada pada kategori “paham”. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media tiga dimensi berbentuk torso separuh badan dapat meningkatkan pemahaman siswa pada materi sistem pencernaan manusia pada pembelajaran tematik tema 3 makanan sehat di kelas V C Sekolah Dasar Negeri 130 Pekanbaru. Kata Kunci: Media Tiga Dimensi Torso Separuh Badan, Pemahaman Materi
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan > 001.42 Metode Riset 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 02 Jul 2021 04:09 |
Last Modified: | 02 Jul 2021 04:09 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/50487 |
Actions (login required)
View Item |