Defriyanitha Anggraini Suci, - (2021) Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Pemahaman Konsep IPA Peserta Didik SMP Negeri 1 Tapung Hulu. Skripsi thesis, UNVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (596kB) |
||
|
Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf Download (16MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Defriyanitha Anggraini Suci, (2021) : Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Pemahaman Konsep IPA Peserta Didik SMP Negeri 1 Tapung Hulu Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model discovery learning terhadap pemahaman konsep IPA peserta didik di SMP Negeri 1 Tapung Hulu. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Ekseperimen dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan adalah pretes-postes kelompok kontrol tanpa acak. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Tapung Hulu yang terdiri dari 6 kelas dengan jumlah peserta didik 187 peserta didik. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Berdasarkan teknik tersebut, diperoleh 2 kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas control, masing-masing kelas terdiri dari atas 30 peserta didik. Teknik pengumpulan data berupa observasi dan tes berbentuk uraian dengan jumlah 10 butir soal. Data yang telah dikumpulkan kemudian dianalisis menggunakan uji t pada data yang berdistribusi normal dan uji Mann Whitney pada data yang tidak berdistribusi normal melalui bantuan Program SPSS versi 18.00 for windows. Berdasarkan hasil analisis diperoleh kesimpulan bahwa:. Terdapat pengaruh penerapan model discovery learning terhadap pemahaman konsep peserta didik, hal ini berdasarkan Berdasarkan output “ Test Statistic” diketahui bahwa nilai nilai sig (2-tailed) sebesar 0,022 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model discovery learning terhadap pemahaman konsep IPA pada materi suhu dan kalor pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Tapung Hulu Tahun pelajaran 2020/2021; dan Terdapat peningkatan pemahaman konsep IPA melalui penerapan discovery learning dengan nilai N-Gain sebesar 0,7356 dengan kategori tinggi. Dengan demikian, dapat dikemukakana bahwa penggunaan model Discovery Learning efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep dalam mata pelajaran IPA materi suhu dan kalor pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Tapung Hulu Tahun pelajaran 2020/2021 Kata Kunci : Model Discovery Learning, Pemahaman Konsep IPA, Suhu dan Kalor
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris IPA |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 30 Jun 2021 06:56 |
Last Modified: | 30 Jun 2021 06:56 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/50376 |
Actions (login required)
View Item |