Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF BOWLING KAMPUS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA TEMA PANAS DAN PERPINDAHANNYA MUATAN PELAJARAN IPA DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 0212 SIHABORGOAN KECAMATAN BARUMUN TENGAH KABUPATEN PADANG LAWAS SUMATERA UTARA

TAMPAN SATRIA TIMOR, - (2021) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF BOWLING KAMPUS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA TEMA PANAS DAN PERPINDAHANNYA MUATAN PELAJARAN IPA DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 0212 SIHABORGOAN KECAMATAN BARUMUN TENGAH KABUPATEN PADANG LAWAS SUMATERA UTARA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
FILLE HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (497kB)

Abstract

TAMPAN SATRIA TIMOR (2021) : PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF BOWLING KAMPUS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA TEMA PANAS DAN PERPINDAHANNYA MUATAN PELAJARAN IPA DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 0212 SIHABORGOAN KECAMATAN BARUMUN TENGAH KABUPATEN PADANG LAWAS SUMATERA UTARA Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada tema panas dan perpindahannya muatan pelajaran IPA di kelas V Sekolah Dasar Negeri 0212 Sihaborgoan Kecamatan Barumun Tengah Kabupaten Padang Lawas Sumatera Utara. Penelitian ini dilatar-belakangi oleh rendahnya aktivitas belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru kelas dan 14 orang siswa kelas V. Objek dalam penelitian ini adalah strategi pembelajaran aktif bowling kampus dan aktivitas belajar siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan tiap siklus dilakukan dalam dua pertemuan. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian adalah observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik analisis kualitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, bahwa strategi pembelajaran aktif bowling kampus dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Hal ini diketahui sebelum tindakan diperoleh rata-rata aktivitas belajar siswa hanya mencapai 54,91 atau berada pada kategori kurang. Setelah dilakukan penelitian tindakan kelas pada siklus I, rata-rata aktivitas belajar siswa meningkat menjadi 65,18 atau berada pada kategori kurang. Kemudian pada siklus II rata-rata aktivitas belajar siswa terjadi peningkatan menjadi 79,64 atau tergolong cukup. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran aktif bowling kampus dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada tema tema panas dan perpindahannya muatan pelajaran IPA di kelas V Sekolah Dasar Negeri 0212 Sihaborgoan Kecamatan Barumun Tengah Kabupaten Padang Lawas Sumatera Utara. Kata Kunci: Strategi Pembelajaran Aktif Bowling Kampus, Aktivitas Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 07 Jul 2021 02:51
Last Modified: 07 Jul 2021 02:51
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/49930

Actions (login required)

View Item View Item