NURUL AINI, - (2021) PENGARUH STRATEGI RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, TRANSFERRING (REACT) TERHADAP PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS SWASTA PELITA KASIH ROKAN HILIR. Skripsi thesis, Universitas Islam Ngeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf Download (4MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Nurul Aini (2021): Pengaruh Strategi Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring (REACT) terhadap Pemahaman Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Atas Swasta Pelita Kasih Rokan Hilir Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan antara pemahaman siswa pada mata pelajaran ekonomi di kelas yang menggunakan strategi Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring (REACT) dengan pemahaman siswa di kelas yang menggunakan strategi pembelajaran langsung di Sekolah Menengah Atas Swasta Pelita Kasih Rokan Hilir. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan masih ada siswa yang tidak bisa menyimpulkan materi yang sedang dipelajari, siswa yang tidak bisa menjelaskan kembali materi yang sedang dipelajari dan siswa yang tidak bisa menjawab pertanyaan guru. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dan desain yang digunakan adalah Non-equivalent Group Pretest Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI di Sekolah Menengah Atas Swasta Pelita Kasih Rokan Hilir berjumlah 44 orang yang terbagi ke dalam 2 kelas. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 44 orang siswa yang terbagi ke dalam 2 kelas yaitu kelas XI IIS 1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 23 orang dan XI IIS 2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 21 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling yaitu sampel yang sengaja dipilih berdasarkan pertimbangan nilai rata-rata siswa yang mendekati sama. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah tes t. berdasarkan hasil analisis data melalui uji hipotesis dengan uji t yang menunjukkan bahwa thitung > ttabel baik taraf signifikan 5% (1,682) maupun 1% (2,418) atau 1,682 < 4,674 > 2,418 yang berarti bahwa Ha diterima dan Ho ditolak yang berarti ada perbedaan yang signifikan antara pemahaman siswa yang menggunakan strategi REACT dengan pemahaman siswa yang menggunakan strategi pembelajaran konvensional pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Swasta Pelita Kasih Rokan Hilir. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara strategi REACT terhadap pemahaman siswa pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Swasta Pelita Kasih Rokan Hilir. Kata Kunci: Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring (REACT), Pemahaman Siswa
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 29 Jun 2021 02:14 |
Last Modified: | 29 Jun 2021 02:14 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/49764 |
Actions (login required)
View Item |