Dwi Gusdarina, - (2021) Penerapan Metode Buzz Group untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Tema Panas dan Perpindahannya Kelas V SDN 015 Sungai Tonang Kabupaten Kampar. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf Download (6MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
ABSTRAK Dwi Gusdarina, (2021): Penerapan Metode Buzz Group untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Tema Panas dan Perpindahannya Kelas V SDN 015 Sungai Tonang Kabupaten Kampar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada tema panas dan perpindahannya di kelas V SDN 015 Sungai Tonang kabupaten Kampar melalui penerapan metode buzz group. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah satu orang guru dan siswa kelas V SDN 015 Sungai Tonang yang berjumlah 22 orang siswa. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah metode buzz group dan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian dilaksanakan 2 siklus, dimana tiap siklus melaksanakan 2 kali pertemuan. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian bahwa sebelum tindakan 13 siswa berada pada kategori kurang kritis dengan persentase 59,09%, 6 siswa pada kategori cukup kritis dengan persentase 27,27%, dan hanya 3 siswa pada kategori kritis dengan persentase 13,64%. Kemudian setelah dilakukan perbaikan menggunakan metode buzz group, pada siklus I ada 6 siswa pada kategori kurang kritis dengan persentase 27,27%, 7 siswa pada kategori cukup kritis dengan persentase 31,82%, 9 siswa pada kategori kritis atau 40,91%, dan siswa pada kategori sangat kritis berada pada persentase 0%. Selanjutnya pada siklus II, 2 siswa pada kategori kurang kritis dengan persentase 9,09%, 4 siswa pada kategori cukup kritis dengan persentase 18,18%, 12 siswa pada kategori kritis atau 54,55%, dan 4 orang siswa pada kategori sangat kritis dengan persentase 18,18%. Artinya, hasil kemampuan berpikir kritis siswa telah mencapai indikator keberhasilan yang telah ditetapkan sekolah dan dapat dikatakan bahwa metode buzz group dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada tema panas dan perpindahannya di kelas V SDN 015 Sungai Tonang Kabupaten Kampar. Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kritis, Metode Buzz Group, Tema Panas dan Perpindahannya
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 06 Apr 2021 13:37 |
Last Modified: | 07 Apr 2021 07:00 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/48156 |
Actions (login required)
View Item |