MELATI JULIA ROIKHANI, - (2021) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PRODUK PEMBIAYAAN MURABAHAH DAN MUDHARABAH PADA KOPERASI USAHA BERSAMA TIJAROTUN THOYIBAH PADA MASA PANDEMI COVID-19 DITINJAU MENURUT EKONOMI ISLAM. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf Download (7MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini berjudul “Analisis Strategi Pemasaran Produk Pembiayaan Murabahah dan Mudharabah pada Koperasi Usaha Bersama Tijarotun Thoyibah Pada Masa Pandemi Covid-19 menurut Ekonomi Islam”. Lokasi penelitian ini berada pada koperasi Usaha Bersama Tijarotun Thoyibah di kecamatan Bangkinang Kota. Penelitian ini adalah penelitian lapangan, populasi dalam penelitian ini adalah pimpinan, karyawan serta nasabah koperasi Usaha Bersama Tijarotun Thoyibah yang berjumlah 100 orang. Dari populasi tersebut, penulis mengambil sampel dengan metode purposive sampling, yaitu pengambilan sampel data dengan pertimbangan tertentu, maksudnya orang tersebut yang dianggap paling tahu tentang apa yang kita harapkan. Persoalan pokok dari penelitian ini adalah bagaimanakah strategi pemasaran produk pembiayaan murabahah dan mudharabah yang diterapkan koperasi Usaha Bersama Tijarotun Thoyibah pada masa pandemi Covid-19, apa saja kendala– kendala yang dihadapi koperasi Usaha Bersama Tijarotun Thoyibah dalam pemasaran produk pembiayaan murabahah dan mudharabah, dan bagaimanakan tinjauan ekonomi Islam terhadap strategi pemasaran produk pembiayaan murabahah dan mudharabah pada koperasi Usaha Bersama Tijarotun Thoyibah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi apa saja yang dilakukan koperasi Usaha Bersama Tijarotun Thoyibah dalam memasarkan produk pembiayaan murabahah dan mudharabah pada masa pandemi Covid-19, kendala yang dihadapi serta tinjauan ekonomi Islamnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metodologi kualitatif. Metodologi penelitian kualitatif merupakan metode penelitian yang menghasilkan data berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Strategi pemasaran produk pembiayaan murabahah dan mudharabah yang dilakukan koperasi Usaha Bersama Tijarotun Thoyibah yaitu meliputi strategi produk, strategi tempat, strategi harga, dan strategi promosi atau yang biasa disebut dengan bauran pemasaran 4p. Dalam menganalisa kemampuan nasabah, koperasi Usaha Bersama Tijarotun Thoyibah meggunakan analisa 5C yang meliputi character, capacity, capital, condition of economic, dan collateral. Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Murabahah, Mudharabah
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah |
Depositing User: | fasih - |
Date Deposited: | 30 Mar 2021 05:13 |
Last Modified: | 30 Mar 2021 05:15 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/47738 |
Actions (login required)
View Item |