M. AGUNG SUPRAPTO, - (2020) PENGUKURAN KINERJA SISTEM INFORMASI MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA (SIM SDM) MENGGUNAKAN METODE IT BALANCED SCORECARD. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
GABUNGAN TA KECUALI BAB IV.pdf Download (7MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
PENGUKURAN KINERJA SISTEM INFORMASI MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA (SIM SDM) MENGGUNAKAN METODE IT BALANCED SCORECARD M. AGUNG SUPRAPTO NIM: 11553102668 Tanggal Sidang: 14 Desember 2020 Periode Wisuda: Program Studi Sistem Informasi Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Jl. Soebrantas, No. 155, Pekanbaru ABSTRAK BKKBN Perwakilan Riau menggunakan SIM SDM untuk mengevaluasi kinerja dari setiap pegawai. Sejak diterapkan pada tahun 2013, belum adanya pengukuran kinerja SIM SDM, kondisi SIM SDM yang kurang optimal, data pegawai yang kurang terjamian keamanannya, tampilan SIM SDM yang belum sesuai kebutuhan pengguna, sehingga banyak pegawai kurang memahami cara penggunaan SIM SDM. IT Balanced Scorecard sangat baik digunakan untuk merumuskan sasaran strategis IT serta mengukur kinerja IT dengan komprehensif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui sejauhmana kontribusi dan pemanfaatan melalui investasi sistem IT dalam menunjang kebutuhan SIM SDM. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini dimulai dari studi literatur, pengumpulan data dan informasi, penyusunan perangkat evaluasi, hasil evaluasi, serta rekomendasi dan perbaikan. Hasil dari pengukuran kinerja, SIM SDM mampu memberikan kontribusi terhadap perusahaan, mendukung orientasi pengguna, mendukung kegiatan operasional, dan mampu menjadi keunggulan bersaing di masa depan hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan perspektif IT Balanced Scorecard, perspektif tertinggi adalah orientasi masa depan sebesar 99% , kedua adalah kontribusi perusahaan 97,3%, ketiga adalah keunggulan operasional 96,2%, dan terendah orientasi pengguna 94,4%. Perspektif orientasi pengguna memperoleh hasil pengukuran terendah karena Kelayakan SIM SDM dalam basis TI belum dapat beroperasi dengan lancar dan menunjang kegiatan melaporakan kinerja pegawai, kualitas informasi dan keamanan sistem informasi masih membutuhkan pemeliharaan lebih lanjut, tampilan sistem yang belum sesuai dengan kebutuhan pengguna serta belum adanya pelatihan secara berkala terkait penggunaan SIM SDM. Hasil akhir rata-rata memperlihatkan pencapaian nilai pengukuran sebesar 96,85% berada pada level very good. Untuk meningkatkan perspektif orientasi pengguna dapat memberikan pelatihan kepada pegawai secara berkelanjutan agar dapat memaksimalkan kinerja pegawai menjadi lebih efektif dan efisien. Kata Kunci: IT Balanced Scorecard, Pengukuran Kinerja, SIM SDM
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi |
Depositing User: | fsains - |
Date Deposited: | 05 Mar 2021 07:08 |
Last Modified: | 05 Mar 2021 07:08 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/47475 |
Actions (login required)
View Item |